Apa itu Skull Breaker Challenge? Inilah Mengapa Ia Sangat Berbahaya



KomnasAnak.com, NASIONAL - Belakangan beredar tantangan baru bernama skull breaker challenge di media sosial, terutama Tik Tok. Tantangan ini membuat banyak orang tua di AS was-was. Seperti namanya, skull breaker, yang berarti penghancur tengkorak, tantangan ini mampu menyebabkan korbannya cedera otak bahkan meninggal.

Seorang warganet AS-pun mengingatkan bahaya tantangan ini. “Tolong ingatkan orang-orang tentang ini, lelucon baru di sekolah. Seorang gadis baru saja meninggal di Brazil setelah kepalanya terhantam, dan juga seorang bocah laki-laki di UK,” tulis akun @danielzamrii. Terlepas benar tidaknya kabar tersebut, sudah sepatutnya orang tua menganggap serius tantangan ini.

Skull breaker challenge dilakukan oleh tiga orang yang berbaris. Dua orang di samping akan melompat terlebih dahulu, lalu seorang di tengah melompat setelahnya. Saat orang di tengah melompat, dua orang akan menendang kakinya hingga ia jatuh dengan posisi kepala terlebih dahulu. Posisi ini yang menyebabkan tantangan menjadi berbahaya.

Seorang pelajar SMA di Miami harus menjalani rawat inap di rumah sakit setelah dipaksa temannya ikut skull breaker challenge.

Dari wawancara dengan NBC Miami, remaja tersebut mengatakan jika ia sama sekali tidak menyangka akan ditendang temannya. Bahkan sakit di kepalanya masih terasa setelah ia keluar dari rumah sakit.

saat aku melompat, aku ingat teman-temanku menendang kakiku, rasanya sungguh tak terduga,” ungkap remaja tersebut pada Selasa (11/2).
Terlepas dari mana viralnya tantangan ini. Orang tua dan sekolah di Indonesia harus mulai waspada dan terus mengawasi anak-anaknya. Banyaknya pengguna Tik Tok akan membuat tantagan ini mudah menyebar dan ditiru.

Tegaskan pada anak atau murid untuk tidak mentah-mentah meniru apa yang mereka lihat di media sosial. Jalin komunikasi dengan baik dan arahkan anak atau murid untuk mengerti bahaya yang ditimbulkan oleh tantangan ini.
(Penulis: Melina Nurul Khofifah)

Posting Komentar

0 Komentar