Ayah Bunda, Inilah Cara Terbaik Menjelaskan tentang Virus Corona ke Anak

KomnasAnak.com, NASIONAL - Belakangan ini banyak informasi mengenai virus Corona (Covid-19) berseliweran dimana-mana. Bukan tak mungkin jika informasi ini sampai ke telinga anak-anak. Apalagi pada Senin (2/3) lalu, Presiden Jokowi telah mengkonfirmasi kasus pertama positif virus Corona.

Media massa dan media sosial pun ramai mengabarkan seluk beluk virus, penularan hingga pencegahannya. Sayangnya tidak semua informasi tersebut benar. Anak-anak yang mendapat informasi keliru bisa kebingungan, ketakutan, panik, ataupun stres.

Orang tua atau pengasuh harus menjelaskan dengan baik tentang virus Corona kepada anak, sesuai dengan usia. Berikut ini adalah cara tepat menjelaskan virus Corona kepada anak:

1. Ajak anak berdiskusi
Berkomunikasilah pada anak anda. Ajak anak untuk berdiskusi mengenai hal yang dia ketahui tentang virus Corona. Dengarkan anak dengan baik. Setelah itu, beri pemahaman dan koreksi informasi yang tidak tepat mengenai virus Corona pada anak.

“Anak-anak di bombardir dengan banyak informasi, dan semua yang mereka dengar mungkin tidak akurat. Sangat penting bagi orang tua untuk berdialog dengan anak mereka tentang fakta-fakta virus Corona, sehingga mereka tidak percaya pada informasi yang tidak akurat, yang dpaat menambah kekhawatiran mereka,” kata ahli kesehatan mental anak, psikolog Roseann Capanna-Hodge, dikutip dari Pop Sugar.

2. Tenangkan anak
Anak-anak umumnya akan lebih fokus dengan cerita yang menakutkan seperti kematian dan keganasan virus. Jelaskan kepada anak dengan tenang untuk tidak perlu khawatir karena virus Corona dapat dicegah dan disembuhkan.

Orang tua juga perlu memastikan bahwa anak-anak akan tetap aman selama mengikuti arahan dan akan selalu melindungi mereka.

3. Jelaskan cara mencegah virus Corona
Beritahu kepada anak bahwa virus Corona dapat dicegah dengan menerapkan gaya hidup sehat, seperti makan-makanan bernutrisi tinggi dan banyak sayur dan buah, tidur yang cukup, dan sering mencuci tangan dengan sabun.

Ajak anak untuk selalu mencuri tangan dengan air dan sabun 20 detik sebelum dan setelah makan, setelah bermain, sesaat masuk rumah, setelah memegang hewan. Ajarkan pula anak untuk tidak memegang wajah dengan tangan kotor.

Selalu contohkan gaya hidup sehat tersebut. Karena anak akan lebih mudah mencontohkan kegiatan dibandingkan hanya mengikuti aturan saja.
(Editor: Melina Nurul Khofifah)

Posting Komentar

0 Komentar