24 Bayi Lahir dari Ibu Terkait Corona di RSUP Persahabatan


KomnasAnak.com, Jepara - Sebanyak 24 kelahiran dari ibu terkait COVID-19 telah tercatat di RSUP Persahabatan. Hal ini diutarakan oleh Direktur Utama Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan Rita Rogayah.

“Untuk saat ini ada sekitar 24 bayi kami rawat. Dua dari ibu bayi itu sudah dinyatakan positif, (sedangkan) lainnya Pasien Dalam Pemantauan (PDP),” kata Rita saat memberikan keterangan melalui konferensi video, Kamis (23/4).

Rita menyatakan sejauh ini kondisi bayi tersebut baik dan belum menunjukkan indikasi terinfeksi COVID-19 usai dilakukan serangkaian tes.

“Kami memang sudah banyak menerima kasus-kasus kebidanan, baik ibu yang akan melahirkan ataupun ibu hamil dengan keluhan PDP dan positif COVID-19,” ucap Rita.

“Saat ini yang kami sudah melakukan persalinan, biasanya anaknya umumnya selamat, bayinya kami rawat sampai saat ini keadaan baik,” tutur Rita menambahkan.

Sejauh ini, jumlah pasien terkait virus corona yang dirawat di RSUP Persahabatan sejak Maret sampai April hampir 50 persennya merupakan pasien positif COVID-19

“Sampai saat ini RSUP merawat 414 pasien dengan 205 pasien positif COVID-19, hampir 50 persen,” kata Rita.

Beberapa orang dengan kondisi klinis baik telah dipulangkan meskipun hasil tes swab belum keluar. Namun mereka tetap harus patuh menjalani masa isolasi mandiri di rumah masing-masing.

Upaya tersebut dilakukan agar kapasitas ruang isolasi RSUP Persahabatan tercukupi untuk pasien terkait COVID-19 dengan kondisi berat.

“Dari pasien COVID-19 ini sudah dinyatakan sembuh 38 pasien, yang isolasi di rumah 58 pasien,” jelas Rita.

Menurut Rita, selain ruang isolasi biasa, pihaknya juga tengah mempersiapkan fasilitas berupa ruang isolasi dengan Intensive Care Unit (ICU), kamar operasi, dan kamar bersalin.
(Editor: Melina Nurul Khofifah)

Posting Komentar

0 Komentar