Ayo Cermati Penggunaan Masker pada Anak

KomnasAnak.com, NASIONAL - Banyak yang berubah setelah COVID-19 menyebar di seluruh dunia. Masyarakat di negara terdampak terpaksa untuk berdiam diri di rumah dan menjaga jarak dengan orang lain ketika pergi keluar. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga telah menyarankan untuk memakai masker ketika di luar rumah, meskipun itu masker kain.

Masker menjadi barang wajib karena dapat menghindari terkena langsung droplet atau cipratan dari bersin dan batuk orang lain. Masker juga memperkecil resiko untuk menyebarkan virus terutama bagi pasien tanpa gejala.

Menurut rekomendasi dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), idealnya seseorang harus mengenakan masker dengan cara menutup rapat pada bagian mulut dan hidung, serta sedikit melonggarkannya untuk bagian telinga.

Selain itu, hendaknya untuk selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah mengenakan masker. Serta, untuk masker sekali pakai, hendaknya dicuci dahulu setelah dipakai untuk selanjutnya dibuang.

Bagi orang dewasa, mudah untuk memahami pentingnya memakai masker untuk situasi hari ini.

Namun, bagi anak-anak menerima hal baru kadang terasa sulit dan mungkin butuh langkah khusus untuk melakukannya.

Catatan Penting Penggunaan Masker pada Anak
Berikut ini adalah panduan bagi orang tua, unruk mengetahui tentang pemakaian masker kepada anak-anak dalam situasi pandemi COVID-19. Sebagaimana telah dirangkum dari American Academy of Pediatrics:

  • CDC tidak merekomendasikan masker bagi anak dibawah dua tahun.
  •  Anak tidak perlu memakai masker ketika berada di rumah. Terutama jika anak tidak mengerti tentang menjaga jarak dengan orang lain, anak lebih baik berdiam di rumah.
  • Anak tidak perlu memakai masker jika mereka dapat menjaga jarak kurang lebih 2 meter dari orang lain atau tidak menyentuh permukaan benda asing.
  • Anak dengan demam atau gejala batuk, ingusan, diare, atau muntah tidak diperkenankan meninggalkan rumah. Anak dengan gejala di atas akan kesulitan bernapas jika mengenakan masker.
  • Jika harus keluar dengan bayi, anda bisa menutup dorongan bayi dengan selimut dengan menyisakan ruang untuk bernapas.


Jika Anak Takut Mengenakan Masker atau Terlalu Kecil Untuk Paham
  • Jika anak takut, anda bisa memakai masker bersama agar mereka tidak merasa kesepian. Ada beberapa ide yang bisa anda contoh: ajak anak mengaca saat mengenakan masker dan bicarakan, pilih masker bergambar karakter kesukaan anak, hias masker sesuai keinginan anak, tunjukkan gambar anak lain yang mengenakan masker, gambar masker di tokoh favorit dari buku cerita anak.
  • Latih anak menggunakan masker di rumah terlebih dahulu.
  • Untuk anak dibawah 3 tahun, jelaskan pentingnya masker menggunakan bahasa simple yang dipahami anak.
  • Tunjukkan sikap anda dalam mencegah virus Corona, anak akan merasa lebih tenang ketika tahu cara menangani virus.
  • Jika semua orang memakai masker, anak tidak akan merasa sendirian.
(Editor: Melina Nurul Khofifah)

Posting Komentar

0 Komentar