Dua Anak di bawah 10 Tahun Positif COVID-19 di Kota Solo


KomnasAnak.com, Jepara - Kota Solo, Jawa Tengah mencatat dua kasus konfirmasi virus Corona pada anak di bawah 10 tahun. Kasus ini adalah yang pertama kali terjadi pada anak di Kota Solo.

Ketua Pelaksana Gugus Tugas COVID-19 Kota Solo, Ahyani menuturkan bila kedua anak adalah warga Kelurahan Jebres dan Kelurahan Nusukan Kecamatan Banjarsari. Sebelumnya, mereka merupakan pasien dalam pengawasan (PDP) dan telah dirawat di rumah sakit.

“Jadi ini naik kelas dari PDP jadi positif,” katanya, Kamis (23/4).

Ahyani menambahkan adanya anak positf COVID-19 menunjukkan kemungkinan di Kota Solo telah terjadi transmisi lokal, karena menurutnya, sangat kecil kemungkinan anak-anak itu berpergian ke zona merah.

“Mestinya dari orang dekat. Bisa dari orang tua atau pengasuhnya, atau bisa juga anak-anak itu tertular saat bermain di luar,” katanya.

Pria yang juga menjabat sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Solo itu meminta rumah sakit menyediakan penanganan khusus untuk mereka mengingat usianya masih di bawah 10 tahun. Di antaranya dengan menyediakan pendampingan psikolgis selama menjalani perawatan di ruang isolasi.

“Di usia segitu kan masih sangat membutuhkan orang tua. Seharusnya ada pendampingan psikologi,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Solo, Siti Wahyuningsih mengatakan dua pasien anak itu dalam kondisi baik. Puskesmas masih melakukan contact tracing. Namun ia memastikan dua pasien anak itu bukan pemudik dari daerah lain.

“Kita masih tracing karena kita juga baru dapat notifikasi hari ini,” katanya.

Jumlah kasus positif di Kota Solo hingga hari ini tercatat sebanyak 15 kasus yang tersebar merata di lima kecamatan. Sebanyak 10 pasien positif masih menjalani perawatan di ruang isolasi, tiga dinyatakan sembuh, dan dua meninggal dunia.

Kasus terbanyak terjadi di Kecamatan Pasar Kliwon dengan jumlah total 6 kasus, disusul Kecamatan Jebres sebanyak 5 kasus. Sementara PDP aktif tercatat sebanyak 21, dan ODP sebanyak 83 orang.
(Editor: Melina Nurul Khofifah)

Posting Komentar

0 Komentar