Facebook Luncurkan Aplikasi Messenger Kids Khusus untuk Anak

Tampilan Messenger Kids

KomnasAnak.com, NASIONAL - Kini Facebook menyediakan layanan aplikasi yang ditujukan untuk anak-anak. Facebook telah mengumumkan peluncuran aplikasi Messenger Kids bagi pengguna di Indonesia.

“Messenger Kids pada dasarnya adalah aplikasi chatting dan video call yang ditujukan untuk anak-anak,” tutur Director of Product Management Facebook Morgan Brown.

Morgan mengatakan aplikasi Messenger Kids telah rilis dua tahun lalu, namun baru kali ini perilisannya diperluas ke 70 negara, termasuk Indonesia. Keputusan ini diambil tidak lepas dari misi perusahaan untuk menghubungkan semua orang.

Di samping itu, permintaan layanan yang menghubungkan orang satu sama lain makin tinggi dengan kondisi pandemi saat ini, termasuk anak-anak. Sebab ada himbauan untuk melakukan lebih banyak aktivitas di dalam rumah.

“Dengan situasi pandemi saat ini, kebutuhan itu meningkat. Akhirnya, Facebook memutuskan untuk menghadirkan Messenger Kids ke beberapa negara, termasuk Indonesia,” tutur Morgan.

Lebih lanjut dia mengatakan, Facebook ingin membantu anak-anak terhubung dengan teman-teman yang biasanya ditemui di sekolah lewat Messenger Kids. Selain berkomunikasi, mereka juga dapat melakukan aktivitas bersama.

Dalam pengembangan Messenger Kids, Facebook dibantu tim Youth Advisor internal perusahaan yang ahli keamanan online dan pengembangan anak, termasuk berdiskusi dengan orang tua.

“Lewat Messenger Kids, kami ingin memberikan akses tekologi yang aman dan nyaman pada anak-anak, tapi ingin tetap ada pemantauan ornag tua di dalamnya,” ujarnya.

Oleh sebab itu, layanan Messengers Kids harus diatur pembuatannya langsung oleh orang tua. Nantinya, orang tua juga dapat memantau aktivitas anaknya saat berkomunikasi di aplikasi ini.

Faceboook juga memastikan tidak akan ada iklan di aplikasi Messenger Kids. Informasi tentang penggunanya pun tidak akan dipakai untuk keperluan iklan.

Aplikasi Messenger Kids kini sudah dapat diunduh secara gratis di App Store dan Google Play Store. Sebagai informasi, aka nada sejumlah fitur baru yang akan hadir di aplikasi ini dalam beberapa bulan ke depan.

Cara Memulai Messenger Kids
1. Unduh Messenger Kids di perangkat anak.
2. Lakukan otentikasi perengkat anak dengan akun Facebook orang tua. Facebook memastikan langkah ini bukan berarti orang tua perlu membuat akun Facebook untuk anak.
3. Langkah selanjutnya, buat akun anak dengan memasukkan nama. Orang tua juga dapat mengatur sejumlah fitur tambahan. Lalu, anak dapat mulai berkomunikasi dengan orang lain.
(Editor: Melina Nurul Khofifah)

Posting Komentar

0 Komentar