"Kamu Pahlawanku" Buku Cerita Untuk Anak di Situasi Pandemi


KomnasAnak.com, NASIONAL - Banyak hal yang bisa dilakukan agar Belajar dari Rumah menjadi menyenangkan. Ayah Bunda bisa mengajak anak untuk membaca buku bergambar. Cerita menarik dan pengajaran yang terdapat didalamnya, membuat buku cerita bergambar cocok digunakan sebagai media pembelajaran. Terutama pada masa pandemi sekarang ini, penting untuk menanamkan pemahaman anak sesuai dengan tingkat kecerdasannya.

Untuk itu Inter-Agency Standing Committee Reference Group on Mental Health and Psychosocial Support in Emergency Settings (IASC MHPSS RG) mengembangkan buku cerita untuk anak-anak di seluruh dunia yang terdampak COVID-19. Buku ini berjudul “Kamu Pahlawanku”.

Proyek buku ini didukung oleh pakar global, regional, dan negara anggota agensi IASC MHPSS RG, serta melibatkan orang tua, pengasuh, guru, dan anak-anak dari 104 negara. Pengembangan cerita dimulai dengan pemberian survei global untuk mengetahui kesehatan mental dan kebutuhan psikososial anak-anak di tengah Pandemi COVID-19. Hasil survei digunakan untuk mengembangkan alur cerita. Buku ini telah dibacakan di berbagai negara terdampak COVID-19. Kemudian buku ini ditinjau kembali dan diperbarui ceritanya sesuai saran dan ide dari anak-anak, orang tua, dan pengasuh.

Buku “Kamu Pahlawanku” tersedia dalam beberapa bahasa. UNICEF Indonesia adalah penyedia buku ini dalam bahasa Indonesia. UNICEF adalah anggota IASC MHPSS RG. Tim UNICEF Indonesia melibatkan para ahli, praktisi yang bekerja dengan anak-anak (psikolog anak, spesialis perlindungan anak, pekerja sosial) yang juga merupakan orang tua untuk menerjemahkan “Kamu Pahlawanku”. Beberapa dari mereka juga melibatkan anak mereka untuk meninjau terjemahan.

Anak-anak tidak dianjurkan untuk membaca buku ini tanpa pendampingan. Oleh karena itu, Ayah Bunda bisa membacakan buku ini bersama anak-anaknya.

Selengkapnya, silahkan unduh:Kamu Pahlawanku

(Editor: Melina Nurul Khofifah)

Posting Komentar

0 Komentar