Save the Children Berharap Anak Dapat Berpartisipasi dalam Penanganan Corona

(Foto: BNPB)
KomnasAnak.com, NASIONAL - Harapan agar anak-anak dilibatkan sebagai bagian dari strategi pengendalian dan penanganan COVID-19 disuarakan oleh Save the Children Indonesia. Organisasi Save the Children merupakan salah satu organisasi non-pemerintah internasional yang berkecimpung dalam peningkatan kehidupan anak.

“Kita ingin sekali bahwa anak-anak sebagai masa depan keluarga dan bangsa bisa berpartisipasi dalam berbagai hal. Dimana hak ini adalah hak untuk mengucapkan sesuatu, hak untuk mempengaruhi pengambilan keputusan dan mencapai suatu perubahan,” ujar Ketua Gugus Kerja Kampanye dan Media Save the Children Indonesia, Victor Rembeth dalam konferensi pers di Media Center Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta, pada Sabtu (11/4/2020).

Dalam kesempatan tersebut, Victor menyinggung empat keinginan mengenai tumbuh kembang anak, yaitu ingin anak-anak tumbuh sehat, pembelajaran baik dan berkualitas, perlindungan dari kekerasan baik dalam krisis maupun bencana, dan hak anak untuk berpartisipasi.

“Indonesia yang ingin cepat sembuh dari COVID-19, rasanya mendengarkan suara anak-anak adalah upaya kita bersama untuk bisa mengatakan bahwa, justru dalam situasi seperti sekarang ini kita memperbaiki kualitas di rumah, dan kemudian dalam situasi seperti ini juga membangun kedekatan dengan anak,” katanya.

Menurut Victor, hal yang paling dibutuhkan anak di masa krisis adalah kedetakan, baik itu orang tua, guru, atau komunitas untuk bisa hidup dan saling mengisi tanpa ada kekerasan. Sebab, apa yang dilakukan pada saat ini bagi anak akan mempengaruhi masa depannya sebagai bagian dari masa depan orang tuanya.

“Apa yang kita lakukan ke anak maka itulah masa depan kita,” ucapnya.

Pandemi COVID-19 saat ini menjadi krisis kesehatan global, dan anak-anak adalah salah satu dari kelompok rentan yang bisa mengancam kehidupannya. Sehingga dalam hal ini anak-anak harus menjadi perhatian utama sebagaimana mereka memiliki hak yang melekat pada dirinya.

“Kami ingin mengajak semua, termasuk pemangku kepentingan, pemerintah, masyarakat, pengusaha, dan termasuk semua kita untuk sama-sama mendengarkan suara anak. Mereka masa depan kita. Krisis COVID-19 bisa berakhir, tapi kami mengajak, yuk! Kita sama-sama tetap perhatikan anak-anak kita, dan tetap jaga hak mereka,” katanya.

Victor Rembeth mengatakan bahwa saat ini merupakan waktu terbaik untuk memperbaiki kualitas hidup anak-anak, baik kesehatan, edukasi, perlindungan dari kekerasan, dan berpartisipasi untuk terus menyuarakan suaranya.
(Editor: Melina Nurul Khofifah)

Posting Komentar

0 Komentar