Terkait Kasus Pemerkosaan Siswi di Deli Serdang, KPAI: Pihak Sekolah Lalai


Komisioner KPAI Bidang Pendidikan, Retno Listyarti
KomnasAnak.com, NASIONAL - Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menilai pihak sekolah lalai menyusul adanya kasus pemerkosaan seorang siswi SMK di Deli Serdang yang dilakukan oleh 7 kakak kelasnya. KPAI pun meminta Dinas Pendidikan Sumatera Utara untuk memeriksa kepala SMK karena peristiwa pencabulan tersebut terjadi di lingkungan sekolah.

“Kejadian pencabulan terjadi masih di lingkungan sekolah, yang berarti ada kelalaian. Oleh karena itu, KPAI minta Disdik Sumut harus melakukan pemeriksaan kepada kepala sekolah dan jajarannya,” tegas Komisioner KPAI Bidang Pendidikan, Retno Listyarti, seperti dikutip dari medanbisnisdaily.com, Kamis (2/3/2020).

Retno menambahkan jika seharusnya pihak sekolah wajib melindungi peserta didiknya. Sesuai dengan Pasal 54 Undang-Undang Perlindungan Anak dan Permendikbud 82/2015 tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan di Satuan Pendidikan.

“Akan tetapi, pihak sekolah tempat siswi SMK Deli Serdang menimba ilmu diduga tidak menjalankan tugasnya seperti yang tertuang dalam pasal yang dimaksud. Dari itu, Dinas Pendidikan dan Inspektorat Provinsi Sumatera Utara segera melakukan BAP secara kedinasan sebagaimana diatur dalam PP Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin PNS terhadap kepala sekolah dan jajarannya,” ujar Retno.

KPAI mendorng pihak berwenang untuk melakukan proses hukum kepada para tersangka agar mendapat efek jera dan menyadari kesalahannya.

“Karena kasus ini sudah dilaporkan ke kepolisian, maka KPAI juga mengingatkan keplisian menggunakan UU No. 11/2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak (SPPA) dalam memproses anak-anak pelaku,” kata dia.

Selain itu, Retno mengungkapkan jika KPAI mendorong assessment pada korban secara psikologis agar memperoleh hak pemulihan psikologis.

“Kita menyarankan Dinas PPPA Sumut untuk melakukan psikososial agar dapat dipastikan rehabilitasi psikologis berjalan dengan baik,” ungkap Retno.

Di lokasi terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Utara, Arsyad Lubis, meminta kepada Cabang Dinas Pendidikan Deli Serdang untuk segera memanggil kepala sekolah.

“Kepala sekolah terlampau longgar dan tidak mengawasi. Untuk itu, kepala sekolah harus bertanggungjawab billa kejadian kasus pencabulan masih berada di lingkungan sekolah,” ungkap Lubis.
(Editor: Melina Nurul Khofifah)

Posting Komentar

0 Komentar