Anak Positif COVID-19 di Indonesia Capai 5 Persen

(ilustrasi: detik.com)

KomnasAnak.com, NASIONAL - Asisten Deputi Perlindungan Anak dalam Situasi Darurat dan Pornografi Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) Ciput Eka Purwianti menyampaikan jumlah anak positif COVID-19 di Indonesia mencapai 5 persen dari total kasus. Dia mengatakan jumlah tersebut lebih tinggi dari negara terjangkit COVID-19 lainnya.

“Di Indonesia berbeda, presentase kita ada sekitar 5 persen usia anak 0-17 tahun dari jumlah total positif COVID-19,” ujar Ciput dalam webinar, Kamis (28/5/2020)

Oleh karena itu, dalam menghadapi new normal (kenormalan baru), pihaknya bersama kementerian/lembaga terkait tengah mendiskusikan protokol yang tepat terkait pelaksanaan new normal di lingkungan sekolah. Salah satunya dengan memperhatikan sajian data dan analisis perspektif medis dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI).

“Kami pun sudah analisis, secara normal anak dengan kapasitas mereka yang lebih rendah kerentanan stresnya dibanding orang dewasa, maka imunitasnya turun relatif lebih rendah,” katanya.

Protokol ini diperlukan agar tidak terjadi penyebaran virus corona diantara anak-anak saat proses pendidikan di era kenormalan baru.

Ciput menuturkan, dari hasil analisis sementara banyaknya anak Indonesia yang terpapar virus corona disebabkan karena pelaksanaan perilaku hidup bersih dan sehat tidak sempurna. Protolo; kesehatan lainnya seperti menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, dan menggunakan masker juga tidak diterapkan dengan benar.
(Editor: Melina Nurul Khofifah)

Posting Komentar

0 Komentar