Jaga Imunitas Anak di Masa Pandemi dengan Cukupi Asupan Gizi

ilustrasi anak sakit (Foto: parenting.orami)

KomnasAnak.com, NASIONAL - Imunitas tubuh anak terutama usia di bawah lima tahun cenderung belum matang sehingga rentan terserang penyakit. Menjaga dan memperbaiki sistem kekebalan tubuh anak bisa dilakukan dengan pola hidup sehat, diantaranya dengan mengonsumsi makanan bernutrisi, aktivitas fisik rutin, cukup tidur, dan minum air putih yang cukup.

Infeksi virus jadi masalah kesehatan yang rentan dialami seseorang dengan kondisi fisik lemah di masa pandemi sekarang ini. Sebab saat imunitas menurun maka berbagai jenis virus dan bakteri bisa masuk dalam tubuh tanpa penjagaan.

Dokter sepesialis anak Meta Hanindia mengatakan, daya tahan tubuh anak pada 2 tahun pertama belum sempurna sehingga rentan terkena paparan penyakit. “Ciri-ciri yang paling mudah bisa terlihat orang tua jika anak sering sakit atau terkena infeksi,” ucap Meta dalam Live Instagram Mommiesdaily, Selasa, 5 Mei 2020.

Untuk meningkatkan imunitas di masa pandemi ialah dengan memberikan nutrisi yang optimal. Dimulai dari gizi yang seimbang dan sesuai kebutuhan anak, sebab manfaat gizzi seimbang tak hanya untuk imunitas tetapi juga tumbuh kembang termasuk kognitif. “Jadi pemenuhan gizi seimbang didapatkan dari makro dan mikro nutrient,” ucap Meta.

Kemudian bagaimana dengan kebutuhan suplementasi di masa pandemi? Pada intinya hingga saat ini belum ada bukti ilmiah ada suplemen khusus yang dinyatakan dapat meningkatkan imunitas tubuh dibanding dari asupan makanan bergizi seimbang.

“Perlu diingat jika ada kondisi kekurangan zat tertentu baru bisa ditambahkan suplemen, jadi bukan asupan yang utama untuk konsumsi. Jadi mesti bisa diketahui dulu kondisi kekurangannya dipengaruhi oleh apa. Sebab saya melihat di masa seperti ini banyak yang mencari suplemen sebagai cara menjaga daya tahan tubuh,” terangnya.

Kalau anak-anak sudah bisa makan semua jenis makanan dengan gizi seimbang dan berat badan anak juga bertambah sesuai usia, bisa dibilang tumbuh kembangnya sudah baik.

Selain asupan makanan, Meta juga mengingatkan kembali untuk tetap mengikuti anjuran kesehatan untuk penanganan COVID-19 yakni cuci tangan pakai sabun, menjaga jarak, dan jika ada urusan mendesak keluar diharapkan memakai masker.
(Editor: Melina Nurul Khofifah)

Posting Komentar

0 Komentar