TikTok Bersama Kemdikbud Ajak Belajar Melalui #SamaSamaBelajar


KomnasAnak.com, NASIONAL - Platform berbagi video singkat, TikTok meluncurkan program baru guna mendukung pembelajaran siswa-siswi dari rumah. Melalui program #SamaSamaBelajar, TikTok menghadirkan video edukasi singkat yang interaktif dan menarik.

Program #SamaSamaBelajar bertujuan untuk memberdayakan sector pendidikan dengan menjadi pionir model pembelajaran daring yang baru. Program ini diluncurkan bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional 2 Mei lalu dan akan berlangsung hingga tahun 2021.

Pengguna internet pada usia 5 – 24 tahun terus meningkat di masa pandemi. Riset dari beberapa penyedia layanan telekomunikasi mencatat adanya peningkatan penggunaan internet sebesar 15-30% selama masa pandemi.

“Di tengah kekhawatiran dunia tentang COVID-19, para professional di sector pendidikan terpaksa mencari cara baru untuk terhubung dengan orang-orang yang bergantung pada jasa mereka. Konten edukasi yang kreatif di platform seperti TikTok dapat membantu. Melalui #SamaSamaBelajar, kami akan menyediakan dukungan terhadap pendidik, tenaga ahli professional, dan nirlaba yang kemampuan dan keahliannya dapat membantu menyebarkan informasi edukasi dan materi yang berguna dalam format pembelajaran jarak jauh yang mudah dicerna,” kata Donny Eryastha, Head of Public Policy, TikTok Indonesia, Malaysia, dan Filipina.

Program #SamaSamaBelajar didukung oleh Crative Learning Fund. Program ini diluncurkan secara global untuk memfasilitasi kegiatan belajar jarak jauh dan mendukung penyediaan layanan bagi setiap orang yang tertarik memindahkan kemampuan mengajar mereka ke platform TikTok.

TikTok juga telah bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) untuk mendukung program pemerintah.

“Di tengah pandemi COVID-19 ini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyambut kerjasama dari semua sector untuk memastikan proses pendidikan tetap berjalan untuk para guru dan pelajar di Indonesia, termasuk kerjasama #SamaSamaBelajar bersama TikTok. Kami berharap kerjasam ini dapat memberikan manfaat dan enginspirasi para guru dan pelajar selagi belajar di rumah,” kata Menteri Pendidikan Nadiem Makarim.

Kolaborasi dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan juga meliputi:

Tantangan (challenge) berjudul #SamaSamaBelajar yang mengundang pengguna TikTok untuk mengunggah konten edukasi agar pengguna lainnya dapat belajar dimanapun dan kapanpun. Sampai saat ini, tagar #SamaSamaBelajar elah ditonton lebih dari 300 juta kali, dengan topik mulai dari teknologi, bahasa asing, kesehatan, kebudayaan, matematika, hingga tips menarik.

Dengan bekerjasama dengan Kemdikbud, TikTok mengadakan serangkaian lokakarya dengan topik keamanan digital serta pengembangan konten kreatif bagi 3000 mahasiswa dan pelajar SMA di 15 kota di Indonesia hingga 2021.

Melalui akun @kemendikbud.ri di aplikasi TikTok, Kementerian akan menyediakan beragam konten edukasi dengan tagar #SamaSamaBelajar yang dapat digunakan oleh pengguna untuk belajar dan mendapat informasi inspiratif.

TikTok sendiri akan membagikan hadiah tunai senilai Rp 700 juta bagi orang yang ikut serta program #SamaSamaBelajar. Mulai 2 Mei lalu, TikTok mengajak pengguna aplikasi di Indonesia untuk membuat video singkat tidak lebih dari 15 detik dengan ketentuan: video berbasis ilmu pengetahuan umum, teknologi, tips kehidupan, dan pengetahuan lain, menggunakan tagar #samasamabelajar dan #BerbagiIlmu di bagian caption, diunggah paling lambat 17 Juni 2020.
(Editor: Melina Nurul Khofifah)

Posting Komentar

0 Komentar