Beri Probiotik untuk Jaga kesehatan Anak di Masa Emas

Ilustrasi anak balita memakan yogurt (Foto: hellosehat)
KomnasAnak.com, NASIONAL - Para ahli mengingatkan agar orang tua memperhatikan gizi anak pada masa keemasan, yaitu rentang usia 1 sampai 5 tahun. Untuk mengoptimalkan potensi anak, orang tua perlu memastikan pemenuhan gizi dan psikologis klinisnya.

 

Pakar Gizi Medik untuk anak, Prof Dr. dr Saptawati Bardosono M.Sc., menjelaskan bahwa anak usia 1 – 5 tahun rentan terkena infeksi penyakit, seperti Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA) dan diare. Oleh karena itu, penting untuk memberikan asupan mengandung probiotik pada anak. Probiotik yaitu bakteri baik contohnya adalah Lactobacillus sp.

 

“Ini (probiotik Lactobacillus rhamnosus) dapat memberikan efek immunomodulatory atau membantu sistem kekebalan tubuh,” kata Tati –penggilan akrabnya- dalam diskusi daring bertemakan Dancow Nutritods: Inovasi Terbaru untuk Tumbuh Kembang Optimal Anak di Masa Toddlers dan Prasekolah, Senin (15/6).

 

Karenanya, Tati menyarankan agar orang tua memberikan asupan probiotik yang terdapat pada olahan susu dan makanan hasil fermentasi, seperti tapai, keju, dan yogurt.

 

Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), probiotik merupakan mikroorganisme hidup yang jika diberikan dalam jumlah yang memadai dapat memberi manfaat pada kesehatan, terutama anak. Probiotik yang umum digunakan adalah Lactobacillus sp. dan Bifidobacterium.

 

Beberapa manfaat mengkonsumsi probiotik bagi anak adalah: meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menyehatkan sistem pencernaan, menurunkan berat badan dan lemak perut, mengurangi gejala gangguan pencernaan tertentu, mengurangi risiko eksim, dan mencegah serta mengobati diare.

(Editor: Melina Nurul Khofifah)

Posting Komentar

0 Komentar