Faktor Penyebab Anak Rentan Jadi Korban Pencabulan Menurut KPAI

Ilustrasi korban pelecehan seksual (foto: Jogja Tribunnews)
KomnasAnak.com, NASIONAL - Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mengungkap beberapa faktor yang menyebabkan anak menjadi target kekerasan seksual. KPAI menilai anak rentan menjadi korban karena mudah diperdaya dan cenderung tidak melawan saat diancam.

 

“Anak merupakan korban yang paling rentan jadi sasaran karena mudah diperdaya dan diimingi sampai pemaksaan, dan anak cenderung tidak melawan dan mudah tutup mulut karena diancam,” kata Komisioner KPAI Putu Elvina melansir DetikNews, Minggu (14/6).

 

Selain karena anak mudah diperdaya, Putu menyebut adanya kekerasan seksual pada anak juga dipicu pelaku yang sering menonton konten pornografi. Sehingga tidak dapat menahan diri dari dorongan seksualnya.

 

“Dua faktor itu yang paling sering mengemuka dalam kasus cabul terhadap anak. Bahkan beberapa kasus korban jatuh lebih dari satu orang,” ujar Putu.

 

Akibat peristiwa pencabulan yang akhir-akhir ini terjadi, KpAi berhaap korban berani melaporkan kejadian yang dialaminya agar penegakan hukum terhadap pelaku bisa maksimal. Menurutnya, penegak hukum juga seharusnya memproses laporan pencabulan terhadap anak secara serius.

 

“KPAI meminta agar pemerintah baik di pusat dan terutama daerah melakukan langkah konkrit untuk pencegahan berbasis keluarga dan masyarakat, menguatkan layanan rehabilitasi bagi korban, karena banyak fasilitas layanan belum optimal dalam memberikan trauma healing maupun terapi psikososial,” kata Putu.

(Editor: Melina Nurul Khofifah)

Posting Komentar

0 Komentar