Jumlah Anak yang Terpapar Virus Corona di Jawa Timur Capai Angka 404

Ilustrasi anak sakit (Foto: Kumparan)
KomnasAnak.com, NASIONAL - Data Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Kependudukan (DP3AK) Provinsi Jawa Timur per tanggal 7 Juni 2020 menyatakan jumlah anak terpapar virus corona mencapai 404 kasus.

 

“Dibandingkan dengan kasus di luar negeri, memang jumlah anak yang tertular COVID-19 di Indonesia termasuk di Jatim sangat tinggi. Dari 404 anak itu, anak usia 0-5 tahun yang tertular sebanyak 101 anak. kemudian anak usia 6-17 tahun sebanyak 303 anak,” jelas Kepala DP3AK Jatim, Andriyanto.

 

Gejala COVID-19 yang biasa dialami anak salah satunya adalah flu. Namun, menurut Ketua Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Jatim Dr Sjamsul Arief Sp.Ak., gejala COVID-19 pada anak bisa ringan.

 

“Sama seperti orang dewasa, anak-anak juga bisa tertular. Tetapi kemungkinan berat atau ringannya penyakit, tidak sama antara anak-anak dan dewasa. anak-anak klinisnya lebih ringan, tapi risiko tertularnya sama. Kalau di keluarga ada yang kene, ya pasti anak tertular,” jelasnya pada Basra (Berita Anak Surabaya), Kamis (18/6).

 

Menurut Sjamsul, COVID-19 pada anak-anak mayoritas menyerang pernapasan dan tidak ada gejala yang berat. “Kalau anak positif COVID-19 rata-rata diserang di saluran pernapasan atas seperti flu,” kata Sjamsul.

 

Dia pun meminta kepada orang tua yang harus bekerja di luar rumah agar benar-benar menerapkan protokol kesehatan.

 

Kepala DP3AK Jatim, Andriyanto juga mendorong orangtua untuk memberi pemahaman kepada anak agar mematuhi protocol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah.

 

“Seperti selalu menggunakan masker saat keluar rumah, sering membiadakan cuci tangan, dan menjaga jarak. Itu juga harus dibiasakan pada anak-anak,” imbuhnya.

(Editor: Melina Nurul Khofifah)

Posting Komentar

0 Komentar