Korlap Demo Tolak RUU HIP Tanggapi Laporan Pelibatan Anak Dalam Aksi sebagai Pengalihan Isu

Aksi Demo PA 212 untuk Menolak RUU HIP (Foto: Tribunnews)
KomnasAnak.com, NASIONAL - Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mendapatkan laporan dari Kongres Wanita Indonesia (Kowani) tentang adanya pelibatan anak pada aksi demo penolakan RUU Haluan Ideologi Pancasila (HIP).

 

Menanggapi  hal itu, Koordinatpr Lapangan (Korlap) aksi demo, Edy Mulyadi, menyampaikan temuan tersebut menunjukkan adanya pihak yang sengaja mengerahkan atau memobilisasi anak-anak.

 

“Anak-anak itu seperti temuan KPAI, kalaupun benar ya itu kan menjadi bagian yang menunjukkan bahwa mereka memang ada yang mengerahkan, ya kan? Ada yang mengerahkan, ada yang memobilisasi,” ujar Edy, ketika dihubungi Tribunnews.com, Rabu (1/7).

 

Namun, Edy membantah apabila dianggap pihaknya berusaha memobilisasi anak-anak dalam aksi demo menolak RUU HIP tersebut. Dia menegaskan memang mengundang seluruh pihak untuk hadir dalam aksi tersebut, tapi tidak ada divisi khusus yang diperintahkan memobilisasi anak.

 

“Kalau kita panitia nggak ada menggerakkan atau memobilisasi, apalagi anak-anak, bahwa saya menghimbau mengundang seluruh warga rakyat Indonesia untuk hadir itu iya,” kata dia.

 

“Tapi nggak ada secara khusus ini divisi mengerahkan anak-anak, ini divisi khusus mengerahkan emak-emak, ini divisi khusus mengerahkan pejuang, para jawara. Nggak ada itu,” imbuh Edy.

 

Edy pun menegaskan bahwa temuan KPAI sendiri membuktikan jika ada pihak yang berusaha mengalihkan isu pokok dalam aksi demo.

 

“Jadi sekali lagi temuan itu justru membenarkan sinyalemen saya dan kami semua, bahwa itu memang sengaja menjadi rencana untuk mengalihkan isu pokok yaitu RUU HIP,” tandasnya.

(Editor: Melina Nurul Khofifah)

Posting Komentar

0 Komentar