Kemen PPPA Sarankan Dana Desa untuk Kepentingan Perempuan dan Anak

(Foto: Kompas)
KomnasAnak.com, NASIONAL - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang Puspayoga meminta Kementerian Desa, Pembangunan Desa Tertinggal, dan Transmirgrasi (Kemendes PDTT) agar dana desa dapat digunakan untuk merespons permasalahan perempuan dan anak. Dana ini nantinya dapat juga membantu perempuan dan anak, khususnya perempuan kepala keluarga dalam menghadapi pandemi.

 

“Secara umum saya sudah sampaikan kepada Mendes, bisa tidak dana desa itu responsif terhadap perempuan dan anak,” ujar Bintang mengutip Kompas, Selasa (4/8).

 

“Karena kami banyak isu yang harus ditangani berkaitan dengan perempuan dan anak, kalau bisa, itu (bantuan) kita implementasikan dari dana-dana di akar rumput ini, tingkat desa,” sambungnya.

 

Bintang mengatakan permintaan tersebut telah di respon dengan baik oleh Mendes PDTT. Tapi, pihaknya belum bisa bertemu untuk membicarakannya lebih lanjut, terutama untuk membahas peruntukkan dana desa bagi perempuan dan anak.

 

Sebab, khusus perempuan kepala keluarga terdampak pandemi, Kemen PPPA hanya dapat membantu mendampingi dan memediasi mereka dengan instansi yang berwenang memberikan bantuan.

 

“Kami koordinasi apa yang bisa kami bantu untuk damping. Langkah yang bisa kami lakukan hanya memediasi sebenanya, misalnya terkait stimulus ekonomi, kami ke KUKM mendata, tapi yang eksekusinya tidak bisa besar,” kata Bintang.

 

Karenanya, dia berharap dana desa juga dapat menjadi solusi untuk membantu perempuan kepala keluarga, terutama di masa pandemi COVID-19.

(Editor: Melina Nurul Khofifah)

Posting Komentar

0 Komentar