Kemenko PMK: Keluarga Harus Menjadi Tempat Belajar Anak

Orangtua harus berperan menjadi guru dan panutan bagi anak-anaknya (Foto: kompas)

KomnasAnak.com, NASIONAL - Deputi Koordinasi Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Moderasj Beragama Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Agus Sartono mengungkapkan keharusan keluarga menjadi tempat pendidikan.


Dia mengatakan orangtua harus berperan menjadi guru dan panutan bagi anak-anaknya.

"Keluarga harus menjadi tempat pembelajaran, pendidikan bagi setiap insan sehingga otang tua harus menjadi guru dan role model bagi lingkungan terkecil dan anak-anak," ujar Agus dalam siara pers, Minggu (30/8).

Sebelum mendapat pendidikan formal, kata dia, anak-anak akan mendapat pendidikan di keluarga. Termasuk pendidikan agama yang memberikan nilai akhlak bagi anak.

Oleh karena itu, peranan keluarga akan menjadi sangat penting untuk pendidikan anak kelak baik secara formal maupun agama.

Agus menilai, saat ini keluarga jarang melakukan pendidikan pada anak karena sibuk. Hal tersebut membuat keluarga menjadi hampa.

"Saat ini ruang keluarga menjadi hampa, orang tua dan anak-anak sibuk dengan gawainya sendiri. Padahal seharusnya ruang keluarga menjadi tempat untuk menyemai nilai-nilai positif kepada anak," kata dia.

Saat anak lahir, kata Agus, keluarga khususnya orangtua harus mengisi golden opportunity dengan pola asuh anak usia dini dengan baik.

Menurut Agus, usia 2 sampai 3 tahun merupakan titik kritis bagi tumbuh kembang anak selanjutnya sehingga pada titik tersebut asupan bergizi penting bagi mereka.

Setelah anak mendapatkan pengasuhan yang baik sejak dini, maka tahap kritis berikutnya adalah pendidikan formal, pendidikan dasar, pendidikan menengah, perguruan tinggi, hingga pembekalan saat usia dewasa bagi calon pengantin. Termasuk saat memasuki kehidupan lansia yang harus produktif.
Editor: DM

Posting Komentar

0 Komentar