Pentingnya Peran Ayah Mengasuh Anak

Figur ayah sangat dibutuhkan bagi perkembangan anak (foto:dream.co.id)

KomnasAnak.com, NASIONAL - Fauzil Adhim, seorang ustadz yang juga pegiat dan penulis buku parenting mengatakan kedua orang tua harus hadir dalam mengasuh anak. Adanya figur ayah akan sangat diperlukan, terutama bagi anak usia dini.


"Jadi kalau ayahnya masih hidup hadirlah sebagai bapak yang dapat menjadi role model," ujar Fauzil dalam webinar Kelas Orang Tua Bernagi: Rumahku Sekolahku episode ke-6 yang digelar oleh Direktorat PAUD Kemdikbud, Sabtu (7/8).

Seorang ayah juga harus menjadi telinga bagi anak dan meluangkan waktu untuk mengarahkan secara sadar tentang prinsip hidup.

"Jangan sampai anak-anak kita serasa berada di panti asuhan, padahal di rumahnya sendiri," kata dia.

Menurut Fauzil, ada beberapa hal yang dapat diberikan ayah pada anaknya, yaitu:

1. Memberi ibu yang baik dan penuh perhatian
2 . Terjun langsung dalam mengajari anak dan memberi pendidikan terbaik
3. Melimpahkan kasih sayang dan kelembutan
4. Menanamkan adab dan perilaku yang baik

Fauzil menambahkan, kunci kedekatan antara anak dengan ayah ada pada tahun-tahun pertama kelahiran anak, atau ketika anak berusia 0-6 tahun.

Untuk itu, kehadiran ayah bagi anak sangat diperlukan secara lahir dan batin, bukan hanya sekedar membantu mengurus saja.

Bagi anak perempuan, ayah berperan memberi dukungan dan perhatian, mendampingi proses pengenalan diri, serta melatih keterampilan mengambil keputusan dan berpikir analitik.

Sedangkan bagi anak laki-laki, ayah berperan memberi kasih sayang, menjalin komunikasi, memberi pertimbangan, mengajarkan tanggung jawab, dan mengungkapkan emosi.
Editor: DM

Posting Komentar

0 Komentar