Simak Durasi Aktivitas Fisik yang Cocok Sesuai Usia Anak

Aktivitas fisik sangat berguna bagi setiap orang, termasuk anak-anak. (Foto: the asian parent)
KomnasAnak.com, NASIONAL - Aktivitas fisik sangat berguna bagi setiap orang, termasuk anak-anak. Tumbuh kembang anak juga semakin baik karena aktivitas fisik dapat merangsang otot dan saraf motoric anak. Selain itu, anak dapat terhindar dari obesitas dan kekebalan tubuh meningkat.

 

Dokter spesialis anak dr. Mesty Ariotedjo, Sp.A mengatakan aktivitas fisik pada anak sudah dapat dimulai sejak usia kurang dari 1 tahun dengan durasi minimal 30 menit per hari.

 

“Bayi bisa bermain di lantai bola kecil, bermain puzzle atau apapun. Bayi belum bisa jalan bisa melakukan tummy time,” ujar Mesty dalam diskusi bersama Tokopedia, Kamis (13/8).

 

Pada usia ini, anak tetap tidak diperbolehkan mendapat paparan layar gawai. Begitupun dengan batasan tidur, anak kurang dari satu tahun jam tidurnya harus ketat.

 

Usia 0 sampai 3 bulan idealnya mendapat tidur 14 hingga 17 jam, dengan waktunya dibagi tidur malam, siang, dan sore. Untuk usia 4 sampai 11 bulan anak harus mendapat tidur 12 hingga 16 jam per hari.

 

Sedangkan, aktivitas fisik bagi anak usia 1 hingga 3 tahun maksimal selama 80 menit atau 3 jam per hari dengan pembagian waktu dan pendampingan orangtua.

 

Anak pada usia ini sudah boleh terkena paparan gadget dengan durasi maksimal 1 jam per hari. Itupun bukan untuk tontonan, tapi sebagai sarana komunikasi.

 

“Screen time gak apa-apa asal orangtua memberikan penjelasan. Bermasalah adalah kita berikan gadget untuk mendistraksi biar anak diam dulu. Itu yang salah, itu yang sering membuat anak mengalami keterlambatan berbicara,” terang Mesty.

 

Selanjutnya, yaitu usia 3 sampai 6 tahun atau saat sudah mulai sekolah Paud, TK, dan telah banyak mengenal teman-temannya. Anak biasanya lebih banyak bermain seperti bersepeda, berlarian, dan aktivitas lainnya. Aktivitas fisik anak usia ini minimal 3 jam dengan pembagian waktu.

 

Waktu screen time anak pun bertambah menjadi 3 jam. Dengan total waktu istirahat yang didapat 10 hingga 13 jam sehari.

(Editor: Melina Nurul Khofifah)

Posting Komentar

0 Komentar