Studi di Inggris Ungkap Kemungkinan Hubungan COVID-19 dan Diabetes Tipe 1 pada Anak

Ada kemungkinan hubungan antara COVID-19 dan diabetes tipe 1 pada anak
KomnasAnak.com, NASIONAL - Sebuah studi yang dirilis di Inggris mengungkapkan kemungkinan COVID-19 berhubungan erat dengan perkembangan kasus diabetes tipe 1 pada anak-anak. Penelitian ini dipublikasi dalam artikel oleh Imperial College London (ICL), Selasa (18/8) waktu setempat.


Penelitian yang diterbitkan di Diabetes Care ini dipimpin oleh dokter di ICL National Health Service (NHS) Trust dan beberapa peneliti dari perguruan tinggi. 


Dalam penelitian ini, didapati 30 anak di rumah sakit di London bagian barat laut yang terkena diabetes tipe 1 selama puncak pandemi. Sebanyak lima diantaraya pernah atau sedang terinfeksi virus corona.


“Tampaknya anak-anak berisiko rendah terkena kasus COVID-19 yang serius. Namun, kita perlu mempertimbangkan potensi komplikasi kesehatan setelah anak-anak terpapar virus,” kata Honorary Research Associate di ICL, spesialis perawatan klinis di ICL NHS Trust, dan pengawas penelitian, Karen Logan.


“Analisis kamu menunjukkan bahwa selama puncak pandemi, jumlah kasus baru diabetes tipe 1 pada anak-anak sangat tinggi di dua rumah sakit di barat laut London, dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Dan ketika kami menyelidiki lebih lanjut, beberapa dari anak-anak ini pernah atau sedang terpapar COVID-19,” lanjutnya.


Sebelumnya, lonjakan kasus diabetes tipe 1 di anak-anak juga dilaporkan terjadi di Cina dan Italia. Namun, sebagian besar tidak berhubungan dengan COVID-19.


Peneliti ICL berpendapat protein virus corona mungkin dapat menyerang dan menghancurkan sel-sel pembuat insulin di pancreas.

(Editor: Melina Nurul Khofifah)

Posting Komentar

0 Komentar