WHO: Anak di Bawah 5 Tahun Tak Wajib Pakai Masker

penggunaan masker pada anak usia balita dapat mempengaruhi psikososial dan perkembangan anak ( foto: kumparan)
KomnasAnak.com - Badan Kesehatan Dunia (WHO) memberikan imbauan baru tentang pemakaian masker bagi anak-anak. Organisasi ini tidak menyarankan agar balita memakai masker.


Setelah meninjau penyebaran dan risiko COVID-19 pada anak-anak, WHO menyatakan anak usia lima tahun ke bawah tidak harus mengenakan masker.

Bukan tanpa alasan, hal ini dilakukan karena penggunaan masker pada anak usia balita dapat mempengaruhi psikososial dan perkembangan anak.

"Anak-anak berusia lima tahun ke bawah tidak diharuskan memakai masker. Hal ini didasarkan pada keselamatan dan minat anak juga kapasitas untuk menggunakan masker dengan benar dengan bantuan minimal," tulis WHO dalam situs resminya, 21 Agustus 2020.

Sedangkan bagi anak berusia 5 hingga 11 tahun, WHO menyarankan agar pemakaian masker harus didaasarkan pada beberapa faktor. Mulai dari risiko penyebaran virus, kemampuan anak menggunakan masker, hingga akses dan pergantian masker di sekolah atau penitipan anak.

Faktor lainnya adalah pengawasan dan instruksi orang dewasa, dampak penggunaan masker bagi pembelajaran dan perkembanvan psikososial anak.

Menurut WHO dan UNICEF, masker sudah wajib digunakan oleh anak usia 12 tahun ke atas.

"Anak-anak berusia 12 tahun ke atas harus memakai masker seperti orang dewasa. Khususnya ketika mereka tidak bisa menjaga jaram minimal satu meter dari orang lain dan ada penularan meluas di daerah tempat tinggalnya," tulis WHO.
Editor: NR

Posting Komentar

0 Komentar