Kemah Virtual Kemdikbud untuk Pendidikan Karakter

Kemah virtual menjadi salah satu inovasi kemdikbud melakukan pendidikan karakter
Kemah virtual menjadi salah satu inovasi kemdikbud melakukan pendidikan karakter (Foto: Detikcom)

KomnasAnak.com, NASIONAL - 
Beberapa inovasi telah dilakukan oleh Kemdikbud untuk pendidikan dan pengembangan anak-anak di masa pandemi ini. Setidaknya, inovasi tersebut diharapkan bisa membawa generasi Indonesia menjadi lebih baik.


Salah safu inovasi oleh Kemdikbud, khususnya Pusat Penguatan Karakter (Puspeka) adalah Kemah Karakter Virtual Anak Indonesia yang diselenggarakan beberapa bulan lalu di Jakarta. Acara ini juga dalam rangka memperingati Hari Keluargq Nasional dan Hari Anak Nasional pada 29 Juni dan 23 Juli.

Acara tersebut diikuti oleh 2.982 peserta dari jenjang pendidikan PAUD, SD, SMP, SMA, dan SMK dari 34 provinsi.

Sekretaris Jenderal Kemdikbud, Ainun Na'im mengungkapkan kegiatan tersebut diperlukan anak-anak agar tetap aktif mengembangkan diri dengan suasana yang menyenangkan.

"Suasananya menyenangkan tapi tetap termotivasi menyelesaikan menghadapi tantangan yang ada, mengembangkan diri agar nanti menjadi generasi yang lebih baik untuk membawa Indonesia ke masa emasnya," ungkap Ainun melansir website resmi Kemdikbud, Selasa (1/9).

Kegiatan virtual, menurut Ainun, agar tidak membosankan harus dikemas, dikelola, diskema, dan dilaksanakan semenarik mungkin. Dia yakin kemah virtual dengan ayah, ibu, fasilitator, dan narasumber dapat menciptakan kondisi menarik.

"Sehingga anak-anak bisa mengembangkan diri dalam situasi yang sangat menarik, hangat, kemudian muncul ke pengembangan karakter-karakter, yaitu pelajar Pancasila yang berakhlak mulia, mandiri, bernalar kritis, kreatif, memiliki jiwa gotong-royong dan kebhinekaan global," jelas Ainun.

Sementara itu, Kepala Puspeka Hendarman mengungkapkan kegiatan kemah daring bertujuan untuk memupuk jiwa Pancasila dan mengeratkan hubungan keluarga. Diantaranya, menumbuhkan kecintaan pada Pancasila, memberi pemahaman tentang pentingnya Pancasila dalam kebhinekaan global, mengajak generasi muda mengamalkan
Pancasila.
"Jadi nanti tugas yang diberikan itu memang dikaitkan dengan keluarga. Kami merasakan bahwa memang peran keluarga sangat penting apalagi di dalam masa pandemi ini," terangnya.


Pada kemah virtual juga diberikan motivasi dan pendidikan pencegahan penyebaran COVID-19. Di sesi lain, peserta diajak berwisata virtual mengunjungi museum nasional.
(Editor: DNA)

Posting Komentar

0 Komentar