Komnas PA Tanggapi Kasus Kekerasan Seksual Ayah pada Anak di Sukabumi



KomnasAnak.com, Jepara - Kasus pencabulan anak di bawah umur oleh ayahnya sendiri atau inses di Sukaraja, Sukabumi mendapat sorotan dari Ketua Umum Komisi Nasional Perlindungan Anak (komnas PA), Arist Merdeka Sirait.

 

Melalui keterangan tertulisnya, Arist menjelaskan, pelaku N (47) dapat dijerat pasal 76 D UU RI No.17 Tahun 2016 tentang Penerapan Perpu No. 1 Tahun 2016 tentang perubahan atas UU RI No. 23 Tahun 2002 tentang perlindungan anak.

 

“Pelaku hubungan seksual sedarah dipastikan akan menghadapi ancaman hukuman minimal 5 tahun dan maksimal 20 tahun pidana penjara,” ujar Arist, Selasa (29/9).

 

Mengingat bahwa pelaku adalah orangtua kandung korban dan kasus hubungan sedarah adalah kejahatan luar biasa, serta mengacu pada pasal 83 ayat 2 UU RI No. 35 Tahun 2014, maka dapat terancam hukuman tambahan sepertiga masa pidana pokok, yakni seumur hidup.

 

“Atas meningkatnya kasus-kasus kejahatan seksual terhadap anak, mungkin pertanyaan “ada apa di Sukabum?” dan tidaklah berlebihan jika Sukabumi saat ini menjadi zona merah kekerasan seksual,” tegas Arist.

 

Arist meminta pemerintah kabupaten agar benar-benar hadir mencari dan memutuskan mata rantai kekerasan seksual terhadap anak. Arist berujar, salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah pelibatan masyarakat dan komitmen membangun gerakan perlindungan anak berbasis kampung dan desa.

 

“Gerakan itu menjadi kewajiban untuk diterapkan dan dikebangkan, sehingga masing-masing kampung dan desa menjaga serta melindungi anak-anaknya dari serangan kekerasan seksial,” tambah Arist.

 

Sebelumnya, Satuan Reserse Kriminal Polres Sukabumi Kota berhasil mengungkap kasus pencabulan anak di bawah umur yang dilakukan oleh ayah kandungnya sendiri atau inses terhadap korban LN (12). Kasus tersebut terjadi di Kampung Nagrak, Desa Limbangan, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi.

 

Kasat Reskrim Polres Sukabumi Kota, AKP Cepi Hermawan mengatakan, pelaku N telah ditangkap di kediamannya, Jumat (25/9). Penangkapan tersebut dilakukan usai Jajaran Sat Reskrim Polres Sukabumi Kota menerima informasi dari masyarakat.

(Editor: Melina)

Posting Komentar

0 Komentar