Tingkat Infeksi Ringan, WHO Sarankan Penutupan Sekolah Harus Pilihan Terakhir


KomnasAnak.com, NASIONAL - 
Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan tingkat infeksi virus corona pada anak cenderung lebih ringan dan hanya sedikit kondisi menjadi parah.


Menurut Tedros, penutupan sekolah harus menjadi upaya terakhir. Dilaksanakan hanya sementara dan pada tingkat lokal di daerah dengan risiko penularan tinggi. Hal ini diutarakannya dalam webinar dengan UNESCO dan UNICEF tentang pertimbangan untuk tindakan kesehatan masyarakat terkait sekolah melawan pandemi.

"Data yang kami miliki menunjukkan bahwa kurang dari 10 persen kasus yang dilaporkan dan kurang dari 0,2 persen kematian terjadi pada orang di bawah usia 20 tahun," ujar Tedros seperti dikutip dari laman Anadolu Agency, Rabu (16/9).

Tedros mengatakan, sejak awal pandemi, pihaknya telah memahami dan menjadikan dampak pandemi pada anak-anak sebagai prioritas.

"Kami tahu bahwa virus ini dapat membunuh anak-anak, tetapi anak-anak cenderung memiliki infeksi yang lebih ringan dan sangat sedikit kasus yang parah dan kematian akibat COVID-19 diantara anak-anak dan remaja," kata Tedros.

Mengenai efek jangka panjang, Tedros mengatakan WHO belum benar-benar yakin. Sehingga penelitian lebih lanjut tetap harus dilakukan.

"Kami semua ingjn melihat anak-anak kembali ke sekolah, dan kami semua ingin memastikan sekolah menjadi lingkungan belajar yang aman dan mendukung sebagaimana mestinya," ucap Tedros.
(Editor: NK)

Posting Komentar

0 Komentar