Wujudkan PSBB Aman untuk Anak dengan Kegiatan Kreatif


KomnasAnak.com, NASIONAL - 
Jakarta memperketat kembali pelaksanaan PSBB tahap 2 hari ini, Senin (14/9). Keputusan ini banyak menimbulkan pro kontra. Apalagi bagi anak-anak yang harus dibatasi lagi secara tiba-tiba.


Psikolog Anak dan Remaja, Novita Tandry mengatakan orangtua harus memanfaatkan waktu di rumah sekreatif mungkin agar anak tidak tertekan.

"Anak-anak itu konkrit pikirannya. Saya nggak akan mengerti apa yang nggak saya rasakan. Saya dengar, saya lupa. Saya lihat, saya ingat. Tapi kalau saya lakukan, saya akan mengerti. Tapi kan gak mungkin kita nyuruh cobain covid kan," jelasnya, Senin (14/9).

Novita menyarankan agar orangtua tidak hanya memberi nasihat, tapi juga mengalihkan ketakutan anak. Beri aktivitas menarik yang bisa mereka lakukan sebagai ganti bermain di luar.

"Orangtua bisa duduk dan berbagi peran. Saat yang satu urusin pekerjaan, yang lain bisa main sama anak. Bisa dengan permainan tradisional yang murah tapi seru," katanya.

Novita tidak menyarankan agar orangtua tidak memberikan gadget sebagai umpan anak. Sebab anak mungkin akan terpapar konten pornografi yang membuat mentalnya terpuruk.
(Editor: RNA)

Posting Komentar

0 Komentar