Bukan Hanya Akademik, Anak Perlu Diapresiasi Setiap Bakatnya


KomnasAnak.com, JEPARA -
Orangtua tidak perlu hanya terfokus pada prestasi akademik anak. Sebab, anak memiliki keunikan dan bakat masing-masing, serta berhak diapresiasi.


"Bakat anak di luar akademik juga berhak untuk mendapatkan apresiasi dari orangtua," ujar psikolog Seto Mulyadi dalam diskusi Satgas Penangan COVID-19 di Graha BNPB, Jakarta pada Minggu (04/10).

"Paling tidak, yang perlu ditumbuhkan adalah apresiasi terhadap setiap bakat atau potensi anak. Sekarang ini anak ditumbuhkan perasaan gembira dan percaya diri. Percaya diri itu diapresiasi. Jangan hanya dibawa ke ranah akademik saja," lanjut Kak Seto.

Menurutnya, memaksakan prestasi akademik justru akan membuat anak tertekan.

"Kalau anak terus digiring ke ranah akademis saja lama-lama bisa frustasi juga," katanya.

Kak Seto mengingatkan agar orangtua slalu memberi kesempatan kepada anak untuk mengembangkan bakat yang lain. Dukungan itu akan menumbuhkan rasa percaya diri dan kebanggaan.

Menurut Kak Seto, dukungan orangtua membuat anak nyaman di rumah selama menghadapi kondisi tidak pasti.

"Jadi, anak ditumbuhkan rasa percaya diri, bangga dengan diri sendiri karena ada dukungan dari lingkungan keluarga. Hargai setiap anak unik, autentik, dan tidak terbandingkan. Setiap anak istimewa. Di situ anak akan nyaman di rumah," ujarnya.
(Editor: DM)

Posting Komentar

0 Komentar