Jadi Sahabat Kunci Utama Orangtua Buat Anak Betah


KomnasAnak.com, JEPARA - 
Ketua Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) Seto Mulyadi mengungkapkan salah satu kunci membuat anak nyaman di rumah saat pandemi adalah memposisikan diri orangtua sebagai sahabat.


"Jadi karena situasi berubah, orangtua juga harus berani berubah menjadi lebih tenang, sabar, gembira, kreatif, dan lebih penuh rasa syukur. Dengab berubah begitu kita memosisikan menjadi sahabat anak-anak," kata Kak Seto salam diskusi Satgas Penangan COVID-19 di Graha BNPB, Jakarta pada Minggu (04/10).

Menurut Kak Seto, anak mengalami perubahan drastis selama pandemi. Tadinya mereka bertemu teman dan bergembira di sekolah kini harus diam di rumah melakukan pembelajaran daring.

Jika orangtua masih memposisikan diri sebagai komandan atau bos yang senang memerintah, maka anak-anak akan semakin tidak betah di rumah. Karena itu, Kak Seto mendorong orangtua agar mulai menjadi sahabat dan teman bagi anak dengan mulai berdiskusi dan membicarakan berbagai hal.

"Sehingga anak meraaa nyaman sekali berada di rumah. Mungkin itu kunci utamanya," ujar Kak Seto.

Kak Seto juga mendorong orangtua untuk mengembanhkan bakat anak dengan mengapresiasj potensi mereka agar timbul perasaan gembira dan percaya diri. Tidak melulu dalam ranah akademik, potensi lain seperti menyanyi dan bakat lain juga perlu diapresiasi.

"Paling tidak apresiasi dari orangtua terhadap potensi setiap anak yang berbeda. Anak ditumbuhkan rasa percaya diri, bangga menjadi diri sendiri karena ada apresiasi dari lingkungan keluarga," tegasnya.
(Editor: DM)

Posting Komentar

0 Komentar