Komnas PA Berikan Penghargaan pada Kapolres Pelalawan




KomnasAnak.com, NASIONAL -
 Komnas Perlindungan Anak (PA) memberikan penghargaan kepada Kapolres Pelalawan, Riau, AKBP Indra Indra Wijatmiko SIK beserta jajarannya di Gedung Daerah Datuk Laksemana Mangkudiraja, Pangkalan Kerinci, Jumat (16/10).


Ketua Komnas PA, Arist Merdeka Sirait menyerahkan penghargaan tersebut atas kinerja personil kepolisian dalam menuntaskan kasus penganiayaan dan penelantaran anak di bawah umur (RZ/8) oleh orangtua kandungnya yang terjadi beberapa waktu lalu di Pangkalan Kuras.


Arist juga mengapresiasi tindakan Kapolres yang mengangkat anak RZ. Menurut Arist, hal ini mencerminkan seorang pemimpin yang mempunyai kepedulian cukup tinggi terhadap perkembangan anak-anak di Kabupaten Pelalawan.


Meskipun begitu, Arist tetap menyoroti cukup tingginya kasus anak baik yang menjadi korban maupun tersangka di Provinsi Riau.


“Angka cukup tinggi sesuai paparan yang disampaikan Kabid Humas Polda Riau Kombes Pol Drs. Krispamono,” ungkap Arist.


Arist menambahkan, Komnas PA juga menyoroti kasus tewasnya Anjelika (11) warga Pasirputih Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Riau yang saat ditemukan sudah tinggal tulang belulang tidak jauh dari rumahnya.


“Sudah 4 tahun kasus ini tidak terungkap. Saya berharap agar pihak penegak hukum dapat menuntaskan kasus yang terjadi di tahun 2016 lalu,” kata Arist.


Kapolres Pelalawan AKBP Indra Wijatmiko SIK dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada Komnas PA atas penghargaan yang diberikan.


“Saya ucapkan terimakasih kepada Komnas PA dan Pemerinitah Kabupaten Pelalawan daam memfasilitasi kegiatan ini. Semoga apa yang kami terima ini dapat lebih mengacu kinerja kami dalam menuntaskan setiap persoalan anak di Kabupaten Pelalawan,” terangnya


AKBP Indra juga mengharapkan adanya kerjasama dan peran serta masyarakat dan pemerintah terutama orangtua dalam mengawasi dan memberi perhatian dalam tumbuhkembangnya calon generasi penerus bangsa.


“Keberhasilan dalam mengungkap pelaku kekerasan terhadap anak tidak lepas dari dukungan, semangat serta kerja keras seluruh jajarannya,” kata AKBP Indra.


Dalam kesempatan ini juga dilakukan penandatanganan Komitmen Implementasi UU Perlindungan Anak di Kabupaten Pelalawan oleh seluruh pejabat yang berkepentingan.

(Editor: Melina)

Posting Komentar

0 Komentar