Komnas PA: Kewajiban Semua untuk Melindungi Anak


KomnasAnak.com, NASIONAL -
Kasus tewasnya Rangga (9) karena berusaha melindungi ibunya dari aksi kejahatan seksual mengingatkan kembali bahwa Indonesia telah darurat kekerasan terhadap anak.


Ketua Komnas Perlindungan Anak (PA), Arist Merdeka Sirait mengatakan memberikan perlindungan kepada anak adalah kewajiban semua orang. Tidak sepatutnya anak sendirian dalam membela diri dan melindungi diri dari serangan orang dewasa.

"Sesungguhnya kewajiban kita semua memberikan perlindungan kepada anak, bukan anak dibiarkan sendiri membela dirinya dan perlindingan dari serangan orang dewasa," kata Arist, Rabu, 21 Oktober 2020.

Komnas PA akan terus berusaha memutus rantai kekerasan terhadap anak di seluruh wilayah Indonesia, terutama Aceh. Menurut Arist, Aceh merupakan daerah yang religius tapi masih memiliki masalah terkait kekerasan terhadap anak.

"Namun mengapa kekerasan di Aceh justru terus meningkat, khususnya kekerasan seksual terhadap anak dan perempuan. Apa yang salah di Aceh?," ungkap Arist.

Arist menyebut Tim Advokasi dan Litigasi Komnas Perlindungan Anak akan berkunjung ke Aceh untuk mendatangi ibu dari Rangga, DN, 28. Komnas PA juga akan memberikan penghargaan kepada Rangga melalui ibunya.

Arist mengatakan, Komnas PA mengajak masyarakat Aceh untuk menjadikan peristiwa yang menimpa Rangga sebagai titik awal gerakan perlindungan anak berbasis rumah dan kampung.

"Ayo bergerak, jangan biarkan anak-anak kita dalam zona merah kekerasan karena kelalaian kita. Ayo kita gunakan momentum ini untuk bangkit memutus mata rantai kekerasan seksual di Aceh berkaca dari kasus Rangga," ujar Arist.
(Editor: Melina)

Posting Komentar

0 Komentar