Komnas PA Sayangkan Tindakan Ibu yang Bakar Tangan Anak di Binjai


KomnasAnak.com, NASIONAL -
Kekerasan serta penganiayaan yang mengakibatkan kecacatan terjadi dialami seorang anak dari Kecamatan Diski, Kota Binjai, Sumatera Utara. Korban berinisial RT yang masih SD dianiaya oleh ibu pengasuhnya dengan cara dibakar hingga mengakibatkan luka permanen di tangan dan telapak tangan kanan.


Dari kesaksian RT, kekerasan tersebut berawal dari ibu pengasuh yang menuduhnya mencuri uang. Karena itu, RT mendapat hukuman dengan dibakar tangannya. Selain itu, ia juga diikat hingga pakaian yang dikenakan turut terbakar.

RT sendiri mengaku dirinya tidak pernah mencuri uang seperti yang dituduhkan.

Tidak mampu melepaskan diri, RT hanya dapat menangis menahan panas api.

Kasus ini telah mendapat perhatian dari Komnas Perlindungan Anak (PA). Arist Merdeka Sirait selaku ketua umum berharap Polres Binjai mampu menangkap dan menahan pelaku untuk dimintai pertanggungjawaban.

"Kasus kekerasan fisik diserrai penyiksaan dan penganiayaan terhasap bocah merupakan kejahatan yang luar biasa yang tidak ada pintu untuk memberikan garansi dan menggiring kasus ini dalam penyelesaian melalui pendekatan damai," ujar Arist.

"Kekerasab terhadap anak tidak boleh dibiarkan. Kekerasan harus dihentikan, kekerasan tidak boleh menjadi salah satu bentuk dan cara menghukum anak, sekalipun anak berbuat salah," kata Arist.

Lebih lanjut, Arist menyebut bahwa Komnas PA akan bekerjasama dengan LPA Kota Binjai dan LPA Provinsi Sumatera Utara untuk segera membentuk tim advokasi dan litigasi untuk pendampingan dan rehabilitasi sosial anak.

Untuk memastikan proses pemulihan dan reintegrasi sosial korban, Komnas PA akan berkoordinasi dengan Dinas Sosial dan Dinas PPPA Kota Binjai.
(Editor: Melina)

Posting Komentar

0 Komentar