Gubernur Ganjar Pertimbangkan Pembukaan Sekolah Tatap Muka di Jateng secara Bertahap




KomnasAnak.com, JAWA TENGAH - 
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo masih mempertimbangkan kemungkinan pembukaan sekolah tatap muka secara bertahap. Hal tersebut menyusul keputusan pemerintah pusat untuk mengizinkan pembelajaran tatap muka di sekolah pada Januari 2021.

 

“Maka Januari telah kami siapkan kemungkinan yang dimaksud masuk sekolah bareng-bareng itu bukan geruduk semuanya masuk tidak. kami akan membatasi,” papar Ganjar, Selasa (24/11).

 

Saat ini sudah ada 34 sekolah di Jawa Tengah yang sudah melaksanakan uji coba pmbelajaran tatap muka dengan aturan yang ketat. Ke-34 sekolah tersebut terdiri atas 16 sekolah menengah atas (SMA) dan 18 sekolah menengah kejuruan (SMK) yang tersebar di 13 satuan Dinas Pendidikan di Jawa Tengah.

 

Pada salah satu sekolah uji coba pembelajaran tatap muka, Ganjar mengungkapkan pelaksanaan protokol kesehatan secara ketat dan memiliki sistem pengaturan peberangkatan dan kepulangan siswa.

 

“Sudah saya cek tadi pagi ke SMAN 3 di Kota Semarang kemarin dijadikan sample dan bagus. Siswa sekolah itu dicek naik apa? Jalan kaki, naik sepeda, sepeda motor atau diantar orantua, naik angkutan umum enggak boleh,” kata Ganjar.

 

“Begitu sampai di rumah siswa diwajibkan foto di depan rumah terus dikirim ke gurunya kalau dia tidak kirim dalam waktu yang ditentukan, guru akan menlpon orangtua-nya atau wali murid,” sambungnya.

 

Ganjar menjelaskan, salah satu hambatan pembelajaran tatap muka adalah orangtua siswa yang belum mengizinkan anak kembali bersekolah.

 

“Tadi guru menyiapkan metodenya untuk wali murid yang tidak setuju karena kan kita harus minta persetujuan wali murid. Nah yang tidak setuju kan di rumah. Maka demi fairnya kemarin dihitung kalau nanti penuh di sesi pagi misalnya dia akan membuat sesi berikutnya untuk dia mengisi agar merka punya hak yang sama,” jelasnya.

 

“Jadi mungkin akan ada sekian sesi jadi jam pelajaran belum penuh seperti dulu jadi anak-anak bisa masuk,” sambung Ganjar.

(Editor: DM)

Posting Komentar

0 Komentar