Pemda Jepara Rencanakan Buat Perda Kawasan Tanpa Rokok


 KomnasAnak.com, NASIONAL - Bupati Jepara, Dian Kristiandi mengatakan, Pemkab Jepara melalui Dinas Kesehatan tengah mempersiapkan rancangan Perda tentang Kawasan Tanpa Rokok(KTR). Peraturan tersebut diperkirakan akan disahkan pada 2022 mendatang. Hal ini sebagai bentuk komitmen Pemkab dalam mendukung program pemerintah pusat terkait KTR.


"Kita komitmen mendukung kebijakan itu," kata bupati yang kerap dipanggil Andi saat menerima kunjungan tim advokasi KTR dari pemerintah pusat di ruang kerjanya, Senin (16/11).

Andi mengungkapkan akan terus memperkuat upaya promotif dan preventif untuk mewujudkan kawasan tanpa rokok. Terutama melalui kegiatan penyuluhan dan edukasi secara berkelanjutan kepada anak-anak dan remaja usia sekolah terkait dampak negatif rokok.

"Yang lebih penting dari adanya Perda sebenarnya penyadaran masyarakat soal dampak negatif dari rokok itu sendiri. Pemda akan mengefektifkan pelibatan peran tokoh masyarakat, tokoh agama, dan elemen-elemen lain dalam mengkampanyekan kebijakan tentang KTR ini," jelasnya.

Sementara itu, perwakilan Kementerian Kesehatan RI Haris menyebut bahwa aturan KTR bukan untuk memusuhi perokok. Tapi, peraturan ini diperuntukkan bagi kelompok berisiko agar tidak sampai menjadi perokok.

"Karena dari tahun ke tahun perokok pemula kita terus meningkat sehingga butuh perhatian," kata Haris.

Diketahui, beberapa kawasan di Kabupaten Jepara sudah mendeklarasikan menjadi kawasan tanpa rokok. Yang terbaru, pemangku sekolah dasar (SD) negeri dan swasta di Kecamatan Kembang pada Rabu (11/11) lalu sepakat menjadikan SD sebagai kawasan tanpa rokok.

Deklarasi pencanangan KTR dilangsungkan di SDN 3 Kaliaman, Kecamatan Kembang. Sebelum adanya deklarasi, ada 10 persen sekolah dari total 43 SD di Kembang yang terdapat aktivitas merokok.

Pembuatan Perda tentang Kawasan Tanpa Roko diharapkan mampu menekan angka pertambahan perokok anak. Serta sebagai upaya memenuhi hak anak untuk dapat hidup sehat, tumbuh dan berkembang.
(Editor: Melina)

Posting Komentar

0 Komentar