Bantu Anak Adaptasi Sekolah Tatap Muka Lewat Perencanaan Matang


KomnasAnak.com, NASIONAL - 
Pembelajaran daring telah berdampak di berbagai aspek. Mulai dari dampak psikologis seperti tertekan, anak putus sekolah, kesenjangan pendidikan, hingga beragam kasus kekerasan terhadap anak.

 

Dengan pertimbangan dampak tersebut, pemerintah melalui penyesuaian Surat Keputusan Bersama (SKB) Empat Menteri mengizinkan pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) di selluruh zona dengan izin pemerintah daerah (pemda).

 

Meski begitu, banyak orangtua khawatir anak akan sulit beradaptasi karena sudah terbiasa belajar daring. Bahkan mungkin sulit bersosialisasi karena terlalu lama di rumah.

 

Dalam hal ini, untuk mempercepat anak beradaptasi di  lingkungan sekolah, Psikolog Alexandra Gabriella A., M.Psi., C.Ht meminta orangtua membuat perencanaan bersama anak ketika beraktivitas di sekolah. Tentunya rencana harus disusun untuk membuat anak senang, bukan memberi beban yang membuat stres.

 

“Ajak anak berencana, hal-hal menyenangkan apa saja yang bisa dilakukan ketika sudah masuk sekolah? Main sma teman kah? Makan mknan favorit di kantin kah? Atau bisa melakukan olahraga kesukaan di sekolah. Dari situ, anak pun menjadi punya pandangan dan rencana yang positif terhadap rutinitas di sekolah nanti,” jelas Alexandra, Selasa (1/12).

 

Kemudian, yang paling penting adalah membiasakan anak untuk mengatur waktunya. Misal sekolah daring masuk pukul 07.00, maka anak harus dibiasakan untuk bangun satu jam sebelumnya untuk bersiap-siap.

 

“Kalau perlu berangkat ke sekolah, harus bangun jam 6 supaya jam 06.30 bisa berangkat misalnya. Walaupun belum masuk sekolah, pembuasaan waktu lah yang dari sekarang perlu ditingkatkan,” jelasnya.

(editor: DM)

Posting Komentar

0 Komentar