Komnas PA Kecam Guru SMP yang Lakukan Kekerasan Seksual terhadap Anak selama 3 Tahun


KomnasAnak.com, NASIONAL -
]Ketua Umum Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) Arist Merdeka Sirait mengecam tindakan seorang guru honorer di salah satu SMP di Jakarta Barat. Guru tersebut, AM (32), adalah pelaku tindak kekerasan seksual terhadap anak selama tiga tahun.

 

Pelaku yang telah ditangkap dan ditahan di Polres Jakarta Barat kini terancam hukuman penjara maksimal 20 tahun.

 

“Itu merupakan perbuatan abnormal atau perbuatan yang tidak dapat diterima akal sehat manusia,” jelas Arist dalam keterangan tertulis, Rabu (30/12).

 

Perbuatan pelaku dilakukan secara sadar dengan pendekatan bujuk rayu, janji menikahi, diikuti dengan intimidasi. Perbuatan tersebut dilakukan berulang salam tiga tahun kepada murid yang seharusnya dilindunginya.

 

Arist mengatakan, adanya kasus kekerasan seksual terhadap anak agar dijadikan pelajaran bagi semua orang tua dan keluarga di Indonesia untuk menjaga dan melindungi anak. Demi kepentingan terbaik anak, orang tua dan keluarga dituntut untuk memberikan perhatian ekstra dan khusus  terhadap perubahan perilaku anak di rumah.

 

“Selain itu, orang tua juga dituntut untuk terus menciptakan rumah yang terus beribadah dan menjadikan rumah bersahabat dan ramah anak, sehingga anak betah tinggal di rumah,” tambah Arist.

 

Komnas PA mendukung Polres Jakarta Psuat menerapkan UU RI Nomor 17 tahun 2016 tentang Penerapan Perpu Nomor 1 Tahun 2017 tentang Perubahan Kedua atas UU RI Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak dengan ancaman 20 tahun pidana penjara. Pihaknya mendesak Jaksa Penuntut Umum (JPU) untuk menempatkan kasus ini sebagai kejahatan atau kekerasan luar biasa (extraordinasry crime).

(Editor: Melina)

Posting Komentar

0 Komentar