KPAI Minta Pemerintah Serius Persiapkan Pembukaan Sekolah Tatap Muka


KomnasAnak.com, NASIONAL -
Komisi Perlindungan Anak (KPAI) meminta pemerintah pusat dan daerah serius dalam pembukaan sekolah tatap muka di awal 2021 nanti.

 

“Perlu kecermatan dan kehati-hatian, jangan sampai sekolah berpotensi kuat menajdiklaster baru,” terang Komisioner KPAI bidang Pendidikan, Retno Listyarti dalam keterangannya, Senin (28/12).

 

Untuk itu, lanjut Retno, pemerintah pusat dan daerah harus memetakan sekolah-sekolah yang belum dan sudah siap pembelajaran tatap muka. Meskipun termasuk zona hijau, sekolah belum bisa menggelar pembelajaran tatap muka bila sekolah belum siap.

 

“PTM sebaiknya hanya untuk materi yang sulit dan sangat sulit, serta yang memerlukan praktikum. Sedangkan materi sedang dan mudah diberikan dalam pembelajaran jarak jauh (PJJ),” ucapnya.

 

Selain itu, diperlukan panduan dan acuan bagi sekolah atau daerah yang akan menggelar PTM dan PJJ secara campuran guna meminimalisir dan menjaga kepatuhan satuan pendidikan. Begitu pula dengan masalah pendanaan untuk menyiapkan prasarana protocol kesehatan.

 

“Sekolah harus didampingi dan didukung pendanaan untuk menyiapkan infrastruktur dan protocol kesehatan adaptasi kebiasaan baru di satuan pendidikan. Kalua belum siap sebaiknya tunda buka sekolah pada Januari 2021,” tegasnya.

(Editor: DM)



Posting Komentar

0 Komentar