KPAI: Persiapan Pembukaan Sekolah Tatap Muka Minim Persiapan


KomnasAnak.com, NASIONAL -
Komisi Perlindungan Anak (KPAI) melakukan survei terkait penyelenggaraan sekolah tatap muka terhadap 62.448 responden. Hasilnya, sebanyak 94,75 persen responden menyatakan belum pernah mengikuti pembelajaran tatap muka. Hanya 5,25 responden yang telah mengikuti pembelajaran tatap muka.

 

Komisioner KPAI Bidang Pendidikan, Retno Listyarti mengatakan bahwa persiapan dari sekolah yang telah menyelenggarakan pembelajaran tatap muka masih minim. Hal ini termasuk minimnya sosialisasi protocol kesehatan.

 

Berdasarkan survei tersebut, hanya 47,33 persen responden menyatakan pernah melihat dan membaca ketentuan protocol kesehatan secara tertulis ditempel di lingkungan sekolah.

 

“Jumlah yang lebih besar, yaitu 52,67 persen para responden menyatakan belum pernah melihat protocol kesehatan tersebut ditempel di lingkungan sekolah,” kata Retno dalam keterangannya, Senin (28/12).

 

Untuk sosialisasi lisan dari sekolah, sebanyak 77,36 persen responden menyatakan tidak pernah memperolehnya. Retno menjelaskan, kebanyakan dari mereka hanya masuk sekolah dengan ketentuan wajib memakai masker.

 

“Sedangkan 22,63 persen responden menyatakan pernah atau telah menerima sosialisasi protocol dari pihak sekolah sebelum pembelajaran tatap muka. Rata-rata hanya satu kali saja menerima sosialisasi lisan terkait protocol kesehatan di satuan pendidikan,” terang Retno.

(Editor: DM)

Posting Komentar

0 Komentar