Pria Paruh Baya di Bantul Cabuli 3 Anak Tetangganya

 


KomnasAnak.com, JAWA TENGAH - Seorang petani berinisial TUM (50) warga Kapanewon Jetis, Bantul, DIY ditangkap karena melakukan kejahatan seksual pencabulan terhadap anak. Korbannya tiga orang merupakan tetangganya sendiri.


Aksinya tersebut dilakukan pada akhir 2020 lalu.

TUM ditangkap oleh unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Polres Bantul di rumahnya. Penangkapan pelaku dilakukan setelah mendapat laporan dari orang tua salah satu korban.

"Pelaku dijemput di rumahnya tadi pagi," kata KBO Reskrim Polres Bantul, Iptu Sutarja, Jumat (29/1).

Kasus ini terbongkar setelah salah satu korban bercerita kepada orangtuanya. Untuk melancarkan aksinya, pelaku berpura-pura baik hati kepada ketiga korban, KRN (9), LTF (8), ZIK (7).

Mereka rata-rata dirayu diajak masuk ke rumah atau diobati ketika terkena benda tajam seperti pecahan kaca. Kemudian tersangka melakukan pencabulan.

"Pelaku sudah mengakui perbuatannya dan dia mengaku senang dengan anak-anak," kata Iptu Sutarja.

Kasus ini sempat mendapat upaya mediasi di kampung. Namun keluarga korban tidak terima dan melaporkan pelaku ke Mapolres Bantul. Atas perbuatannya ini pelaku terancam pasal 82 UU Nomor 17 Tahun 2016 tentang Penetapan Perpu Nomor 1 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua atas UU nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak dengan ancaman paling sedikit 5 tahun dan paling lama 15 tahum penjara.
(Editor: DM)

Posting Komentar

0 Komentar