Hamil Di luar Nikah Jadi Alasan Terbanyak Anak Ajukan Dispensasi Nikah


KomnasAnak.com, NASIONAL -
Hakim Yustisial Mahkamah Agung Mardi Candra mengungkap bahwa hamil duluan menjadi alasan terbanyak untuk mendesak hakim mengabulkan dispensasi nikah bagi anak di bawah umur.

 

Padahal, kata Hakim Mardi, kehamilan bukan jadi satu-satunya tolak ukur untuk mengabulkan dispensasi nikah. Jika dibiarkan, dikhawatirkan pasangan akan memilih hamil duluan demi dispensasi nikah.

 

“Karena nanti secara sosiologi hukumnya, nanti orang hamil duluan semua. Syarat dikabulkannya dispensasi nikah, tidak perlu disebutkan dalam perundang-undangan, tapi cukup keyakinan hakim,” ujar Hakim Mardi dalam diskusi virtual bersama Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA), Senin (15/2).

 

Hakim Mardi menegaskan, hakim tidak berkewajiban mengabulkan dispensasi menikah di bawah umur 19 tahun dengan alasan hamil di luar nikah.

 

“Hakim harus memiliki kemampuan profesionalitas, integritas, di dalam mengadili, dan memberikan dispensasi kawin,” kata dia.

 

Sementara itu, meskipun pengantin pria sudah berumur 19 tahun, pernikahan tetap tidak bisa terlaksana bila sang perempuan masih 16 tahun kebawah. Hal ini sesuai dengan UU Perkawinan Nomor 16 Tahun 2019 yang menetapkan batas minimal usia pernikahan.

(Editor: DM)

Posting Komentar

0 Komentar