Kemen PPPA dan Masjid Istiglal Tandatangani MoU Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak


KomnasAnak.com, NASIONAL -
Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) telah melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan Badan Pengurus Masjid Istiglal (BPMI).

 

MoU mengenai upaya pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak di masjid ini ditandangani oleh Menteri PPPA, Bintang Pusapayoga dan Imam Besar Masjid Istiglal sekaligus Ketua Harian BPMI, Nasarudin Umar di Kantor Kemen PPPA, Jumat (20/2).

 

Masjid Istiglal diharapkan mampu ikut mewujudkan pemberdayaan bagi perempuan dan perlindungan untuk anak. Melalui perannya membahasakan program pemerintah dalam bahasa agama di tengah masyarakat Indonesia yang mayoritas religius.

 

“Saya mengapresiasi Imam Besar Masjid Istiglal meluncurkan program untuk mengubah cara pikir dan cara pandang masyarakat agar ramah dan responsif terhadap perempuan dan anak,” kata Menteri Bintang.

 

Menteri Bintang berharap adanya nota kesepahaman mampu meningkatkan efektifitas, koordinasi, dan kerja sama dalam pelaksanaan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.

 

“Program yang akan diluncurkan BPMI mudah-mudahan menjadi inspirasi, tidak hanya di kalangan umat Islam saja namun juga dari umat-umat agama lain sesuai dengan agama dan budayanya,” ujar Menteri Bintang.

 

Ustad Nasaruddin menyampaikan bahwa program kerja Kemen PPPA sangat dekat dengan program kerja BPMI. Karena itu BPMI akan serius memperhatikan permasalahan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak. Serta turut menjadikan masjid sebagai pusat pemberdayaan perempuan dan anak sehingga mampu menginspirasi rumah-rumah ibadah lain untuk melakukan hal yang sama.

 

Salah satu program BPMI yang dicanangkan adalah pendidikan ulama perempuan.

 

“Belum pernah ada pendidikan ulama perempuan secara khusus, yang ada adalah pendidikan kader ulama. Yang akan kita bikin di Istiglal ialah pendidikan kader ulama perempuan,” ujarnya.

 

Posting Komentar

0 Komentar