DPRD Jateng Sahkan Panitia Khusus untuk Bahas Raperda Perlindungan Anak


KomnasAnak.com, NASIONAL -
Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jateng mengesahkan pembentukan panitia khusus untuk membahas Rancangan peraturan daerah (Ranperda) perlindungan anak. Pansus resmi dibentuk dalam rapat paripurna virtual pada Senin, 1 Maret 2021 lalu.

 

Pembentukan pansus Raperda Perlindungan Anak juga dibarengi dengan pembentukan pansus Raperda Perubahan Status Badan Usaha Citra Mandiiri Jawa Tengah Menjadi Perseroda.

 

Wakil Ketua DPRD Jateng, Heri Pudyatmoko menuturkan DPRD Jateng telah sepakat untuk membahas dua Raperda tersebut sehingga pembentukan pansus bisa segera dilakukan.

 

Berdasarkan kesepakatan, ketua Pansus Raperda Perlindungan Anak adalah Tazkiyatul Mutmainah dan wakil ketuanya adalah Yudi Indras Wiendarto.

 

Tazkiyatul mengatakan, kekerasan anak di Jawa Tengah belum menunjukkan penurunan yang signifikan. Bahkan kekerasan psikis mengalami kenaikan jumlah. Di tahun 2019 kekerasan psikis terhadap anak mencapai 312 kasus. Naik 6 kasus bila disbanding tahun 2018 yang jumlahnya 306 kasus.

 

“Kami berharap melalui Raperda ini menempatkan isu perlindungan anak sebagai isu prioritas dalam perencanaan pembangunan daerah dengan fokus pada pencegahan,” kata Taskiyatul.

 

Dengan adanya Raperda ini, Wakil Gubernur Jateng, Taj Yasin Maimoen berharap akan menjadi landasan hukum perlindungan anak di Jateng.

 

“Untuk Raperda Perlindungan Anak semoga bisa menjadi landasan hukum untuk melindungi anak yang ada di Jateng agar terpenuhi haknya dan terbebas dari kekerasan serta ancaman lainnya,” pungkasnya.

 (Editor: Melina)

Posting Komentar

0 Komentar