Dua Persoalan Utama Sekolah Inklusif Selenggarakan Pendidikan bagi Anak Penyandang Disabilitas


KomnasAnak.com, NASIONAL -
Deputi Bidang Perlindungan Khusus Anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA), Nahar mengungkapkan 2 persoalan utama yang dihadapi sekolah inklusif dalam menyelenggarakan pendidikan bagi anak penyandang disabilitas, terutama di kabupaten/kota layak anak (KLA).


"Hasil monitoring dan pemantauan kami pada 2019 melalui kegiatan Evaluasi Kabupaten/Kota Layak Anak menunjukkan implementasi pendidikan inklusif masih menemui hambatan", ucap Nahar dalam webinar Sosialisasi Perlindungan Anak Penyandang Disabilitas di Satuan Pendidikan pada Rabu (24/3).

Dua persoalan itu adalah aksesibilitas dan fasilitas.

Persoalan aksesibilitas meliputi kekurangan tenaga guru. Sedangkan fasilitas, menurut Nahar, menyangkut sarana dan prasarana yang kurang mendukung.

"Di sisi lain, masih ada kerentanan anak berkebutuhan khusus dan keluarga dengan anggota penyandang disabilitas mendapatkan perundungan atau stigma dari masyarakat," terang Nahar.

Ia melanjutkan, permasalahan ini harus diselesaikan semua stakeholder dunia pendidikan. Sebab hak anak berkebutuhan khusus harus tetap terpenuhi di satuan pendidikan dan menjamin hak perlindungan di tempat tinggalnya.

Beberapa hambatan dalam mewujudkan pendidikan layak bagi anak disabilitas, menurut Direktur Sekolah Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Sri Wahyuningsih, antara lain masih adanya penolakan dari sebagian orang tua atau masyarakat jika sekolah menerima siswa berkebutuhan khusus.

Sri melanjutkan, masih terjadi perampasan hak anak penyandang disabilitas, kurang maksimalnya fasilitas, serta terbatasnya guru pendamping.

Ditambah, belum semua pemerintah daerah memprioritaskan program pendidikan inklusif, sehingga anggaran untuk sektor ini masih kurang.

"Kami sangat berharap agar semua pihak berkolaborasi menyediakan akomodasi yang layak bagi pendidikan anak berkebutuhan khusus," ucap Sri.
(Editor: Melina)

Posting Komentar

0 Komentar