IDI Ungkap Penyebab Kematian Anak Akibat Covid-19 di Indonesia Tertinggi di Asia


KomnasAnak.com, NASIONAL -
Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI), dr Daeng M Faqih mengungkap bahwa angka kematian anak Indonesia akibat Covid-19 tertinggi di Asia. Yaitu mencapai 1,7 persen.


Penyebab utamanya adalah komorbid atau penyakit penyerta. Komorbid terbanyak berupa gangguan gizi dan diare. Kemudian diikuti oleh pneumonia dan demam berdarah.

"Di Indonesia, komorbid pada anak ini ada kekhasan dibanding dengan negara-negara lain. Makanya anak di Indonesia banyak kasus meninggal. Gangguan gizi dan diare itu menjadi komorbid anak yang diduga banyak di Indonesia," kata dr Daeng dalam acara konferensi pers online, dikutip dari detikHealth, Sabtu (27/3).

Dr Daeng menyarankan perlunya strategi menjaga daya tahan tubuh anak, seperti memilih asupan makanan sehat dan bernutrisi. Agar anak terhindar dari penularan Covid-19.

Pola hidup bersih sehat (PHBS), yaitu rajin mencuci tangan, hindari keramaian, memakai masker, tidur cukup, rutin beraktivitas fisik, serta stres rendah juga dibutuhkan untuk menjaga daya tahan tubuh.

"Pola makan seimbang yang terdiri dari nutriai makro (karbohidrat, protein, lemak) dan nutrisi mikro (vitamin dan mineral) dikombinasikan dengan pola hidup bersih sehat paling efektif membantu tubuh melawan infeksi virus dan penyakit," ungkapnya.
(Editor: DM)

Posting Komentar

0 Komentar