Komnas PA Desak Kepolisian Tangkap Pelanggan Prostitusi Online Anak di Hotel Alona


KomnasAnak.com, NASIONAL -
Komnas Perlindungan Anak (PA) mendesak kepolisian untuk menangkap pelanggan prostitusi online anak yang dilakukan di hotel Alona milik artis Cynthiara Alona.

 

Ada 15 anak perempuan di bawah umur yang terjaring dalam penggerebekan hotel. Kini mereka dititipkan di Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) untuk pemulihan.

 

“Komnas Perlindungan Anak tidak hanya mendorong si pelaku, yakni germo, muncikari, atau penyedia tempat yang membiarkan terjadinya prostitusi online itu dipidana,” ungkap ketua Komnas PA, Arist Merdeka Sirait melansir Kompas.com, Senin (22/3).

 

Arist mengatakan, pelanggan prostitusi juga harus di pidana atas kasus pelanggaran hak anak..

 

Pelacakan dan penangkapan para pelanggan, menurutnya, dapat dengan mudah dilakukan oleh kepolisian.

 

“Ini kan dimiliki oleh salah seorang artis. Pastu ada relasi (atau) hubungan antar artis dengan pelanggan. (Pelanggan) di luar masyarakat-masyarakat biasa, karena dilakukan melalui online,” papar Arist.

 

Arist menyebut, pihak kepolisian dapat menjerat pelanggan dengan pasal 82 UU Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak.

 

Selain menangkap pelanggan, kata Arist, beberapa pihak lain juga sepatutnya bertanggungjawab atas praktik prostitusi yang melibatkan anak di bawah umur.

 

“Bukan saja pelanggan, tapi kurir yang mengatur dan menyediakan. (Lalu) Seperti misalnya di hotel ada keterlibatan sekuriti, ya sekuriti juga bisa dikenakan,” tutur dia.

 

Arist mengungkapkan, Komnas PA terus mengimbau orang tua untuk memberi perhatian lebih kepada anaknya agar mereka tidak terlibat dalam prostitusi anak.

 

“Kami membangun kesadaran orang tua juga. Agar mereka memberikan perhatian ekstra kepada anak,” ujar dia.

 

Komnas PA, lanjut dia, juga konsisten menyatakan bahwa anak-anak yang dilibatkan dalam prostitusi online adalah korban.

 

“Mereka adalah korban. Jadi harus dilindungi, bukan justru dipidana,” ujarnya.

Posting Komentar

0 Komentar