Komnas PA Minta Pemerintah Daerah Terapkan PP Kebiri pada Pelaku Kekerasan Seksual terhadap Anak


KomnasAnak.com, NASIONAL -
Komnas Perlindungan Anak (PA) Jawa Barat menyoroti kasus kekerasan seksual terhadap delapan anak di Karawang. Saat ini, Polres Karawang telah menangkap delapan tersangka kasus tersebut.


Wakil Ketua Komnas PA Jabar, Wawan Wartawan menegaskan bahwa kekerasan seksual terhadap anak merupakan extraordinary crime. Dia juga mengingatkan tentang Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 70 Tahun 2020 tentang Tata Cara Pelaksanaan Tindakan Kebiri Kimia.

"Jangan sungkan untuk menerapkan hukuman berat bagi pelaku, sesuai aturan hukum yang berlaku. Terapkan PP tentang hukuman kebiri bagi pelaku kekerasan seksual terhadap anak," tutur Wawan pada Kamis (25/3).

Komnas PA Jabar menekankan agar pemerintah daerah berperan aktif melakukan upaya masif dalam perlindungan perempuan dan anak. Termasuk mencegah anak-anak dari menjadi korban kekerasan seksual.

"Satgas perlindungan anak dan perempuan di daerah harus bekerja all out untuk mencegah kekerasan seksual terjadi," kata Wawan.

Diketahui, Polres Karawang mengungkap delapan kasus kekerasan seksual terhadap anak. Delapan pelakunya pun telah ditangkap.

Di antara pelakunya ada yang bapak kandung dan pria lanjut usia. Mereka dijerat UU Perlindungan Anak dengan ancaman hukuman penjara 15 tahun.

"Kami mengungkap delapan kasus asusila yang terjadi di Karawang. Pelakunya orang terdekat korban," ujar Kapolres Karawang AKBP Rama Samtama Putra saat konferensi pers di Mapolres Karawang, Rabu (25/3).

"Korbannya anak di bawah umur. Modusnya merayu, membujuk, dan mengancam," ungkap Rama.

Delapan kasus asusila dalam kurun tiga bulan ini, kata Rama, sangat memprihatinkan.

Rama mengungkapkan pihaknya terus berupaya melakhkan pencegahan dengan sosialisasi terkait tindakan asusila.

"Kami bekerja sama dengan berbagai pihaknya dalam penanganannya," ucap dia.
(Editor: Melina)

Posting Komentar

0 Komentar