Polres Langsa Berhasil Tangkap 9 Remaja Pelaku Kekerasan Seksual terhadap Anak


KomnasAnak.com, NASIONAL -
Sembilan remaja yang diduga melakukan kekerasan seksual terhadap anak di Kabupaten Langsa, Aceh, berhasil ditangkap kepolisian pada Rabu (31/3) lalu.

 

Kapolres Langsa AKBP Agung Kanigoro Nusantoro mengatakan, pelaku berinisal MH (19), MK (21), MV (19), serta enam orang lainnya yang masih di bawah umur.

 

“Sedangkan seorang pelaku lainnya berinisial BK, 19, masih pengejaran. Tujuh pelaku ditangkap di rumah masing-masing dan dua pelaku menyerahkan diri ke Polres Langsa,” kata Agung.

 

Agung mengungkapkan, dugaan pemerkosaan berawal ketika pelaku membawa korban secara paksa ke sebuah rumah kosong. Di rumah itu telah ada dua pelaku lainnya.

 

“Kemudian, pelaku lainnya datang ke rumah kosong itu, sehingga korban diperkosa secara bergilir,” kata dia.

 

Agung menerangkan, motif pemerkosaan tersebut karena utang. Pelaku yang membawa korban ke rumah kosong itu memiliki utang kepada pelaku lainnya.

 

Namun karena tidak punya uang untuk membayar, akhirnya pelaku penagih hutang meminta agar dibawakan korban sebagai ganti utang.

 

Agung mengatakan para pelaku dikenakan Pasal 47 Sub Pasal 46 dan atau Pasal 50 Sub Pasal 48 Qanun Aceh Nomor 6 Tahun 2014 tentang hukum jinayat Sub Pasal 55 KUHPidana Sub Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2012 tentang sistem peradilan pidana anak.

 

“Ancaman hukuman paling singkat 150 bulan dan paling lama 200 bulan dan Undang-Undang Nomor 11 tahun 2012 tentang sistem peradilan pidana anak dengan hukuman 1/3 Hukuman dari ancaman orang dewasa,” kata Agung.

(Editor: DM)

Posting Komentar

0 Komentar