Kemen PPPA Sosialisasikan E-Learning Pengasuhan Positif Guna Cegah Kekerasan dalam Pengasuhan


KomnasAnak.com, NASIONAL -
Mendidik anak adalah proses bagi orang tua untuk menjamin tumbuh kembang anak terjaga dengn baik dan hak anak terpenuhi.


Dalam setiap prosesnya, perlu ada pemahaman khusus agar pola pengasuhan tidak menjurus pada tindak kekerasan yang dapat merugikan anak, baik fisik maupun psikis.

Sebagai upaya pencegahan dan penurunan angka kekerasan dalam pengasuhan, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) melakukan uji coba model pengasuhan positif berbentuk E-learning Pengasuahn Positif. Sasaran yang ditargetkan adalah orang tua dan pengasuh.

"E-learning ini diharapkan menjadi alat bantu bagi paea orang tua agar mampu mengaduh, mendidik, memelihara, dan menumbuhkan pendidikan karakter pada anak tanpa kekerasan," ujar Asisten Deputi Bidang Pemenuhan Hak Anak atas Pengasuhan Keluarga dan Lingkungan Kemen PPPA, Rohika Kurniadi Sari dalam pembukaan Sosialisasi E-learning Pengasuhan Positif secara daring, Selasa (13/4).

Zaldy Zulkifli dari Save the Children menilai pengasuhan positif sangat penting diterapkan karena orang tua kadang salah memahami disiplin dengan tepat. Sehingga pengasuhan yang dilakukan justru mengarah pada unsur kekerasan.

"Kekerasan masih dianggap efektif dalam mengasuh dan mendidik anak. Ini karena adanya pemahaman yang kurang tepat terkait dengan disiplin. Selama ini disiplin dipahami sebagai sesuatu yang harus keras, harus membuat anak jera, bersifat menyakiti sehingga dalam praktiknya disiplin identik dengan hukuman," kata Zaldy.

Dia menambahkan, tantangan pengasuhan akan terus dihadapi orang tua seiring anak tumbuh dan berkembang. Oleh karenanya, orang tua harus meningkatkan kapasitas dan pengetahuannya terkait pengasuhan.

"Selama mengasuh anak-anak, kita akan slalu berhadapan dengan tantangan-tantangan dan konflik dalam pengasuhan sejalan dengn pertambahan usia anak. Itu harus dihadapi dengan tidak saling menyakiti dan mengatasi tanpa kekerasan yaitu dengan pengasuhan," jelas Zaldy.

E-learning pengasuhan positif dapat diakses gratis melalui https://elearning.kemenpppa.go.idhttps://elearning.kemenpppa.go.id dengan mendaftar akun terlebih dahulu. Materi e-learning pengasuhan positif terbagu dalam 6 sesi.

Sesi pertama berisi pembelajaran terkait hak anak dalam pengasuhan. Sesu kedua terkait dasar-dasar pengasuhan yang berisi definisi pengasuhan.

Sesi ketiga, terkait kelekatan dan cara membangun kelekatan, serta peran ayah dan dampaknya dalam pengasuhan. Sesi empat, terkait disiplin positif. Sesi kelima terkait perkembangan anak dan sesi keenam terkait pemecahan masalah.
(Editor: Melina)

Posting Komentar

0 Komentar