Kemsos: Anak Autis Mampu Berpartisipasi Membangun Negeri


KomnasAnak.com, NASIONAL -
Direktur Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas di Kementerian Sosial (Kemsos), Eva Rahmi Kasim menegaskan bahwa anak autis memiliki hak dan kedudukan selayaknya warga negara lainnya. Anak autis mampu berprestasi dan berkarya membangun negeri juga.

 

“Anak autis dapat berprestasi, berperan aktif, dan berpartisipasi dalam pembangunan nasional dengan dukungan aksesibilitas sesuai dengan kebutuhannya,” kata Eva dalam acara peringatan Wrld Autism Awareness Month 2021 yang bertajuk “Differently Talented”, Minggu (25/4).

 

Anak autis, kata Eva, memang berbeda. Tapi perbedaan tersebut tidak menghalangi mereka beraktivitas dan berprestasi. Karena mempunyai potensi, minat, dan bakat yang tidak kalah dengan anak lainnya.

 

Menurutnya, melalui dukungan keluarga dan lingkungan anak autis mampu tumbuh berkembang bahkan melebihi anak nondisabilitas.

 

Dikatakan Eva, Kemsos melakukan berbagai upaya memastikan perlindungan anak. seperti menyediakan dukungan akses supaya tercipta masyarakat yang inklusif dan memastikan adanya keberlanjutan kehidupan bagi penyandang disabilitas secara umum dan khususnya penyandang autis di Indonesia.

 

“Mari kina kenali autis dan mari kita kembangkan potensi anak-anak autis dan mari kita berikan lingkungan dan dukungan yang memungkinkan mereka untuk tumbuh dan berkembang sehingga bisa beraktivitas, bisa berpartisipasi, dan bisa berkarya untuk Indonesia yang lebih baik dan inklusif,” ucapnya.

(Editor: DM)

Posting Komentar

0 Komentar