Tak Bisa Diabaikan! Kasus Kematian Anak akibat Covid-19 Capai 1 Persen


KomnasAnak.com, NASIONAL -
Saat ini kasus anak terinfeksi Covid-19 mencapai sembilan persen dari total kasus keseluruhan. Sedangkan kasus kematian anak akibat Covid-19 mencapai satu persen dari total kasus. Hal ini jadi perhatian menjelang pembukaan sekolah.

 

“Angka kematiannya kira-kira satu persen dari seluruh kematian pada Covid-19. Jadi memang anak-anak ini tidak bisa diabaikan,” ujar Wakil Menteri Kesehatan, Dante Saksono Harbuwono dalam rapat kerja dengan Komisi IX DPR, Kamis (27/5).

 

Dante menuturkan, sampai saat ini belum ada kebijakan swab antigen bagi anak-anak jelang pembukaan sekolah kembali. Namun dirinya memastikan, pemerintah memperhatikan keamanan dan kesehatan anak-anak yang akan sekolah secara tatap muka nanti.

 

“Secara teoritis mereka lebih kebal terhadap infeksi ini, akan kami tetap perhatikan untuk menjalankan protokol kesehatan,” ujar Dante.

 

Pemerintah juga pastikan percepatan vaksinasi bagi tenaga pendidik.

 

“Sebenarnya program ini masuk ke dalam pemberian vaksinasi layanan publik pada tahap dua kemarin. Kalau pun ada guru belum divaksinasi, akan terus kami screening terus supaya angka capaian vaksinasi untuk guru ini makin baik,” ujar Dante.

 

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menjelaskan, pemerintah bersama satgas di daerah akan memastikan seluruh syarat sekolah tatap muka terpenuhi. Meskipun begitu, Wiku tidak menjawab secara spesifik mengenai nasib sekolah tatap muka dengan ancaman penularan yang sedang meningkat.

 

“Pemerintah dan satgas daerah akan memastikan seluruh kondisi tersebut terpenuhi sehingga PTM dapat dilakukan dengan aman, dan mampu mencegah risiko penularan,” kata Wiku dalam keterangan pers, Selasa (25/5).

 

Pada prinsipnya, ujar Wiku, pembelaharan tatap muka dilakukan setelah memenuhi beberapa syarat. Hingga Juli nanti, satgas daerah perlu memastikan seluruh syarat ini terpenuhi agar sekolah tatap muka bisa dijalankan secara aman.

(Editor: DM)

Posting Komentar

0 Komentar