Pemprov Jateng Resmikan Care Center Jo Kawin Bocah Tekan Perkawinan Anak

 


KomnasAnak.com, NASIONAL - Layanan care center “Jo Kawin Bocah” diresmikan oleh Pemerintah Provinai Jawa Tengah pada Jumat (28/5/2021) kemarin.

 

Diketahui, angka perkawinan anak di Jawa Tengah selama 2020 terlampau tinggi. Angka ini didominasi perkawinan anak perempuan dengan jumlah 11.301 kasus. Sedangkan anak laki-laki 1.671 kasus.

 

Peluncuran program layanan care center Jo Kawin Bocah dilakukan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) guna meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pencegahan perkawinan anak.

 

Tak hanya untuk pencegahan, layanan ini juga digunakan untuk konsultasi dan penanganan perkawinan anak yang telah terjadi.

 

Care center “Jo Kawin Bocah” ini dapat diakses 24 jam pada www.jokawinbocah.id

 

Layanan ini dibentuk guna mempermudah pengaduan, tindak lanjut aduan, dan rujukan dengan melibatkan pentahelix yang memberikan perlindungan hak-hak anak.

 

Selain berfokus pada edukasi terhadap anak, layanan ini turut mengedukasi orang tua dalam perannya untuk memenuhi dan melindungi hak anak.

 

PLT Asisten Pemkesra Pemprov Jateng, Yulianto Prabowo berharap layanan ini dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat. Layanan ini kedepannya diharapkan mampu lebih dekat dengan masyarakat pedesaan yang angka perkawinan anaknya relative tinggi.

 

“Care center Jo Kawin Bocah ini semoga bisa dimanfaatkan betul oleh masyarakat. Dan harapan kita supaya ini lebih dekat lagi dengan masyarakat di bawah. Maka di kabupaten atau kota sebaiknya juga mempunyai care center semacam ini,” kata Yulianto.

 (Editor: Melina)

 

Posting Komentar

0 Komentar